Bursa Eropa Awal Pekan Lanjutkan Keuntungan Sebelumnya

495

(Vibiznews – Index) – Perdagangan Saham Eropa bergerak lebih tinggi pada hari Senin (25/02) oleh sentimen optimisme investor terhadap negoisasi perdagangan AS-China setelah tweeted Presiden Donald Trump semalam dan juga perkembangan terbaru Brexit.

Indeks Pan-Eropa Stoxx 600 naik 0,5 persen dengan pergerakan saham setiap sektor dalam zona hijau. Kini indeks DAX Jerman menguat 0,53 persen, indeks CAC 40 Perancis alami penguatan 0,31 persen dan indeks FTSE 100 naik 0,25 persen.

Saham-saham Autos dan sektor sumber daya dasar menjadi penyumbang terbesar kekuatan indeks dengan indeks naik lebih tinggi hampir 1 persen. Mayoritas saham tersebut memiliki eksposur ke China dan fokus pasar sedang tertuju pada perdagangan negara ekonomi terbesar kedua tersebut.

Untuk berita saham lokal, saham Persimmon  turun lebih dari 6 persen setelah pemerintah Inggris meninjau kembali perusahaan kontraktor rumah dalam program  pemerintah yang bertujuan mendukung pembelian rumah pertama.

Terkait sentimen diatas, Presiden Trump menulis bahwa pembicaraan perdagangan AS-Cina sangat progresif dan dia akan menunda batas waktu 01 Maret untuk kenaikan tarif pada produk-produk China.  Da jika kesepakatan tercapai, Trump mengatakan akan ada pertemuan puncak dengan Presiden China Xi.

Sementara itu, perkembangan terbaru Brexit dimana Telegraph memberitakan bahwa Brexit akan ditunda hingga dua bulan di bawah rencana yang dipertimbangkan oleh Theresa May untuk memperpanjang Pasal 50. Laporan itu juga menyebutkan bahwa PM Inggris Theresa May akan menunda pemungutan suara parlemen atas proposal Brexit baru-baru ini dua minggu hingga 12 Maret.

Pasar Eropa mengakhiri sesi Jumat sebagian besar lebih tinggi, dengan harapan untuk gencatan senjata dalam perang perdagangan AS-China dan Brexit yang lembut membantu menopang sentimen investor.

Sebagai informasi perdagangan sebelumnya akhir pekan lalu, mayoritas bursa saham Eropa berakhir sangat tinggi  karena harapan untuk kesepakatan perdagangan China-AS dan Brexit. Sehingga penutupan bursa Eropa pekan lalu dilaporkan indeks Pan European Stoxx 600  naik 0,2 persen. DAX Jerman naik 0,3 persen, sementara indeks CAC 40 Prancis naik 0,4 persen dan FTSE 100  naik 0,2 persen.

 

Jul Allens/ Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting Group
Editor: Asido Situmorang 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here