Profit Taking Serang Bursa Eropa, Saham Inggris Paling Rugi

540

(Vibiznews – Index) – Terjadi profit taking yang cukup kuat terhadap perdagangan saham di bursa Eropa pada hari Selasa (26/02) setelah perdagangan sebelumnya cetak untung oleh optimisme investor terhadap negoisasi perdagangan AS-China. Namun perdagangan sore ini tertekan oleh penantian investor mencari kejelasan dan detail dari pembicaraan perdagangan AS-China.

Indeks Pan-European Stoxx 600 Indeks Pan-Eropa Stoxx 600 turun 0,4 persen dengan saham setiap sektor berada di zona merah. Kini indeks DAX Jerman melemah 0,33 persen, indeks CAC 40 Perancis alami penurunan 0,29 persen dan indeks FTSE 100 anjlok parah dengan turun hingga 0,68 persen.

Saham Autos merupakan saham penyumbang tekanan jual terhadap indeks hingga turun 1 persen oleh profit taking pasar setelah perdagangan sebelumnya menjadi top gainers pergerakan saham Eropa. Saham PSA Peugeot Citroen melaporkan kenaikan 43% dalam pendapatan operasional tetapi harga saham turun 3 persen di tengah aksi jual.

Demikian juga dari sektor perbankan, dimana saham Standard Chartered turun 2 persen dalam transaksi awal, setelah bank membukukan margin laba bersih yang lebih rendah dari yang diperkirakan.

Kinerja saham sebaliknya, saham Travis Perkins yang terdaftar di bursa London berlari ke puncak indeks dengan kenaikan hampir 8 persen. Pengecer perbaikan rumah di Inggris ini melaporkan laba sebelum pajak lebih tinggi dari perkiraan, didukung oleh rencana pemotongan biaya.

Fokus pasar hari ini masih melihat perkembangan Brexit selain gambaran tentang negoisasi perdagangan AS-China. Pada hari Senin, partai oposisi Inggris Partai Buruh mengindikasikan bahwa mereka akan mendukung seruan untuk referendum di Inggris keluar dari Uni Eropa, jika parlemen memveto proposal Brexit yang terakhir.

Selain itu juga Perdana Menteri Theresa May sedang mempertimbangkan untuk menunda tenggat waktu saat ini bagi UK untuk meninggalkan Uni Eropa yang sebelumnya dijadwalkan pada tanggal 29 Maret.

Untuk data ekonomi yang sudah dirilis awal sesi yaitu indikator sentimen konsumen GfK untuk Jerman yang dilaporkan di posisi 10,8 menuju Maret 2019, yang tidak berubah dari posisi tertinggi 9 bulan bulan sebelumnya dan sesuai dengan ekspektasi pasar yang stabil.

Sebagai informasi perdagangan sebelumnya di awal pekan, mayoritas bursa saham Eropa berakhir sangat tinggi  karena optimisme baru untuk kesepakatan perdagangan China-AS . Sehingga penutupan bursa Eropa hari Senin dilaporkan indeks Pan European Stoxx 600  naik 0,3 persen, dengan indeks DAX Jerman naik 0,4 persen, indeks CAC 40 Prancis naik 0,3 persen dan FTSE 100 AS naik 0,1 persen.

 

Jul Allens/ Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting Group
Editor: Asido Situmorang 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here