Pembukaan Bursa Eropa Rabu Anjlok Parah Terkait Berita Politik Global

459

(Vibiznews – Index) –Saat pembukaan bursa saham kawasan Eropa hari Rabu (27/02), semua indeks mayoritas langsung masuk zona merah oleh sentimen negatif pasar  mencermati berita politik dan ekonomi terbaru dari seluruh dunia. Indeks bergerak lemah setelah perdagangan sebelumnya ditutup mixed.

Indeks Pan-European Stoxx 600 Indeks Pan-Eropa Stoxx 600 turun 0,37 persen dengan hampir setiap sektor di wilayah negatif. Kini indeks DAX Jerman melemah 0,62 persen, indeks CAC 40 Perancis alami penurunan 0,39 persen dan indeks FTSE 100 anjlok parah dengan turun hingga 0,75 persen.

Untuk berita pergerakan saham yang terjadi, dimana saham barang-barang rumah tangga termasuk yang berkinerja terburuk oleh laporan pendapatan yang kurang memuaskan. Seperti saham Beiersdorf turun 8 persen, setelah pembuat Nivea tersebut memangkas prospek labanya.

Di bursa Perancis, saham Air France-KLM jatuh 10 persen  setelah berita bahwa pemerintah Belanda sedang mencari saham perusahaan yang lebih tinggi.

Selain itu di bursa Inggris, saham Metro bank Inggris jatuh ke bawah indeks, turun lebih dari 13 persen setelah mengungkapkan rencana untuk menarik dana  pemegang saham £ 350 juta ($ 463 juta).

Secara keseluruhan, fokus investor sedang memperhatikan dengan cermat pertemuan puncak kedua antara Presiden AS Donald Trump dan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un di Vietnam. Pertemuan tersebut akan membahas hubungan antara kedua negara, bersamaan dengan denuklirisasi Semenanjung Korea.

Brexit terus menjadi yang terdepan dan pusat bagi pengamat pasar di Eropa. Dalam topik terbaru seputar itu, Perdana Menteri Inggris Theresa May menawarkan anggota parlemen kesempatan untuk memberikan suara pada Brexit yang tidak ada kesepakatan atau untuk menunda Brexit, jika usulannya tidak diterima. Pemungutan suara ini dijadwalkan akan berlangsung dalam dua minggu.

Sebagai informasi perdagangan sebelumnya pasar saham Eropa berakhir mixed dengan mengabaikan posisi awal yang buruk  karena investor bereaksi positif terhadap data ekonomi AS terbaru dan perkembangan politik utama di AS. Sehingga penutupan bursa Eropa hari Selasa dilaporkan indeks Pan European Stoxx 600  naik 0,4 persen. DAX Jerman naik 0,3 persen dan indeks CAC 40 Prancis naik tipis 0,1 persen sedangkan FTSE 100 dari AS turun setengah persen.

 

Jul Allens/ Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting Group
Editor: Asido Situmorang 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here