Bursa Eropa Lemah Melihat Pertemuan Trump-Kim Jong Un Dipercepat

466

(Vibiznews – Index) –Saat pembukaan bursa saham kawasan Eropa hari Kamis (28/02), semua indeks mayoritas kembali masuk zona merah oleh sentimen negatif pasar  mencermati berita geopolitik dan ekonomi terbaru yang terjadi diseluruh dunia hari ini.

Indeks Pan-European Stoxx 600 Indeks Pan-Eropa Stoxx 600 turun 0,4 persen dengan hampir setiap sektor di wilayah negatif. Kini indeks DAX Jerman melemah 0,24 persen, indeks CAC 40 Perancis alami penurunan 0,14 persen dan indeks FTSE 100 anjlok parah dengan turun hingga 0,80 persen.

Melihat pergerakan saham lokal, saham sektor sumber daya dasar  yang menjadi saham terburuk, turun sekitar 1,4 persen kekhawatiran negoisasi perdagangan AS-China. Pada hari Rabu, Perwakilan Dagang AS Robert Lighthizer menyatakan di depan komite House Ways and Means bahwa ia meramalkan rintangan jangka panjang ke depan. Dalam kesaksiannya, Lighthizer menyatakan bahwa lebih banyak yang perlu dilakukan oleh China, daripada hanya membeli barang-barang AS, jika kedua negara ingin mendapatkan kesepakatan.

Berita-berita laporan pendapatan perusahaan juga meramaikan perdagangan awal hari ini seperti saham Adecco turun lebih dari 4 persen  setelah melaporkan hasil kuartal keempatnya. Kemudian saham Zalando naik ke puncak indeks, naik 15 persen, setelah mengumumkan bahwa mereka mengharapkan pertumbuhan yang solid tahun ini. Dan saham pengecer Prancis Carrefour juga melonjak 3 persen setelah meningkatkan tujuan tabungannya.

Sementara itu, pertemuan puncak antara Trump dan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un di Vietnam berakhir lebih cepat tanpa ada suatu hasil terkait   upaya menuju hubungan yang lebih kuat dan denuklirisasi di Semenanjung Korea. Sentimen lainnya yang jadi perhatian pasar seperti berita geopolitik seputar India dan Pakistan, perkembangan seputar Brexit dimana Partai oposisi Inggris, Partai Buruh, menyatakan akan mendukung referendum  baru tentang Brexit.

Sebagai informasi perdagangan sebelumnya sebagian besar lebih rendah oleh meningkatnya ketegangan geopolitik dan kehati-hatian menjelang KTT kedua Trump dengan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un. Sehingga penutupan bursa Eropa hari Rabu dilaporkan indeks Pan European Stoxx 600  turun 0,3 persen, indeks DAX Jerman turun setengah persen, indeks CAC 40 Prancis tergelincir 0,3 persen dan FTSE 100  turun 0,6 persen.

 

Jul Allens/ Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting Group
Editor: Asido Situmorang 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here