Bursa Eropa Awal Maret: Bursa Jerman dan Perancis Cetak Rekor Tinggi

1136

(Vibiznews – Index) – Membuka perdagangan bursa saham kawasan Eropa awal bulan Maret hari Jumat (01/03), semua indeks mayoritas dibuka dengan lompatan tinggi dari perdagangan sebelumnya yang mixed. Terpantau bursa saham Jerman naik ke posisi tertinggi 17 minggu, bursa saham Perancis ke puncak tinggi 19 minggu dan bursa Inggris hanya ke posisi tertinggi 2 hari.

Indeks Pan-European Stoxx 600 Indeks Pan-Eropa Stoxx 600 naik 0,5 persen dengan hampir setiap sektor berada di zona hijau. Kini indeks DAX Jerman menguat  1,13 persen, indeks CAC 40 Perancis alami penguatan 0,71 persen dan indeks FTSE 100 menguat hingga 0,61 persen.

Bursa saham Jerman berhasil cetak rekor tinggi tersebut disupport data ekonomi yang mengesankan yaitu data penjualan ritel bulan Januari meningkat ke rekor tinggi dalam 2 tahun. Sehingga saham pembuat mobil memimpin lonjakan seperti BMW, Daimler dan Volkswagen naik antara 0,7 persen dan 1,3 persen.

Sebagai informasi perdagangan sebelumnya sebagian besar menguat tipis oleh meningkatnya ketegangan geopolitik dan kehati-hatian pasar pasca data China yang lemah dan ketidakpastian atas pembicaraan perdagangan AS-China. Sehingga penutupan bursa Eropa hari Rabu dilaporkan indeks Pan European Stoxx 600  naik tipis 0,1 persen. Indeks DAX Jerman dan CAC 40 Perancis keduanya naik 0,3 persen sementara FTSE 100 turun setengah persen.

 

Jul Allens/ Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting Group
Editor: Asido Situmorang 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here