Bursa Eropa Awal Pekan Berusaha Lanjutkan Rekor

502

(Vibiznews – Index) – Membuka perdagangan bursa saham kawasan Eropa awal pekan hari Senin (04/03), setelah akhir pekan lalu berhasil mencetak posisi tertinggi dalam 5 bulan saham-saham Eropa diperdagangkan lebih tinggi karena investor mencerna berita terbaru seputar diskusi perdagangan antara AS dan China.

Indeks Pan-European Stoxx 600 naik 0,5 persen dengan hampir setiap sektor berada di zona positif. Kini indeks DAX Jerman menguat  0,27 persen, indeks CAC 40 Perancis alami penguatan 0,60 persen dan indeks FTSE 100 menguat hingga 0,29 persen.

Saham sumber daya dasar menjadi saham yang berkinerja terbaik, naik lebih dari 1 persen, dengan sektor yang sensitif terhadap berita tentang perkembangan perdagangan global. Berita saham lainnya, seperti saham Daily Mail dan saham General Trust naik ke puncak indeks, naik lebih dari 4 persen setelah pemberitaan bahwa perusahaan akan mengembalikan £896 juta ($1,19 miliar) kepada pemegang saham.

Disisi saham yang anjlok tajam, saham Rotork multinasional Inggris anjlok lebih dari 6 persen, setelah perusahaan mempresentasikan pendapatan setahun penuh 2018, dengan penjualan jatuh di bawah ekspektasi.

Pada hari Minggu, Wall Street Journal melaporkan bahwa Beijing mengusulkan untuk mengurangi bea pada beberapa barang Amerika, seperti mobil dan barang pertanian – dalam upaya untuk mencapai kesepakatan dengan Washington.

Fokus pasar lainnya juga masih melihat perkembangan Brexit, dimana Perdana Menteri Irlandia Leo Varadkar dilaporkan telah mengatakan kepada rekan-rekannya di kabinetnya bahwa penundaan Brexit hingga Juni sangat mungkin. Sementara itu, Perdana Menteri Theresa May mengumumkan dana 1,6 miliar poundsterling untuk meningkatkan kota-kota yang kurang mampu di Inggris setelah Brexit.

Sebagai informasi perdagangan akhir pekan lali mencapai posisi tertinggi lima bulan  berkat optimisme atas pembicaraan perdagangan AS dan China dan harapan Brexit-delay. Indeks Pan Eropa Stoxx 600 naik 0,4 persen dengan indeks DAX Jerman naik 0,8 persen, sementara indeks CAC 40 Prancis dan FTSE 100 dari AS naik sekitar setengah persen

 

Jul Allens/ Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting Group
Editor: Asido Situmorang 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here