Bursa Eropa Selasa Bergerak Kuat Dari Pembukaan Yang Negatif

428

(Vibiznews – Index) – Membuka perdagangan bursa saham kawasan Eropa  hari Selasa (05/03), mayoritas bursa utama dibuka masuk zona merah setelah perdagangan sebelumnya sebagian besar menguat. Namun pasar menguat kembali ditengah perhatian terhadap perkembangan politik di beberapa negara seluruh dunia.

Indeks Pan-European Stoxx 600 menguat  0,13 persen setelah awal sesi dibuka negatif dengan pergerakan sektor berbeda berlawanan arah. Kini indeks DAX Jerman menguat  0,13 persen, indeks CAC 40 Perancis alami penurunan 0,01 persen dan indeks FTSE 100 menguat hingga 0,24 persen.

Saham barang-barang rumah tangga adalah salah satu yang berkinerja terburuk di belakang beberapa penurunan peringkat. Saham Richemont memimpin kerugian di sektor ini turun lebih dari 3 persen, setelah Bank of America menurunkan peringkat saham menjadi berkinerja buruk.

Berita saham individu lainnya, perusahaan kimia Jerman Evonik naik ke atas indeks, naik lebih dari 3 persen setelah perusahaan mengumumkan penjualan unit untuk meningkatkan saham. Kemudian ada saham Eurofins turun 4 persen setelah melaporkan  akan mengurangi investasinya dalam merger dan akuisisi di tahun-tahun mendatang untuk meningkatkan marginnya.

Ada berita negatif pada saham ritel tradisional, yaitu  Debenhams melaporkan bahwa pihaknya tidak akan dapat memberikan perkiraan laba yang dibuatnya dua bulan lalu. Laporan ini membuat saham turun 8 persen.

Sebelumnya  investor sedang memantau rapat parlemen tahunan China di mana Perdana Menteri China Li Keqiang mengatakan bahwa akan ada risiko yang lebih besar ke depan bagi perekonomian dan Beijing harus siap. Dia menurunkan perkiraan PDB (produk domestik bruto) negara itu untuk 2019 menjadi antara 6 dan 6,5 persen.

Di Eropa, juru runding UK – Sekretaris Brexit Inggris Barclay dan Jaksa Agung Cox akan melakukan perjalanan ke Brussels untuk berbicara dengan ketua negosiator Brexit Uni Eropa Michel Barnier dalam upaya menjembatani kesenjangan sebelum batas waktu Brexit pada 29 Maret.

Sebagai informasi perdagangan awal pekan  sebagian besar lebih tinggi setelah laporan AS dan China berada pada tahap akhir negosiasi pada kesepakatan perdagangan jangka panjang. Indeks Pan Eropa Stoxx 600 naik 0,2 persen, indeks DAX Jerman turun 0,1 persen, sementara indeks CAC 40 Prancis dan FTSE 100   naik 0,4 persen.

 

Jul Allens/ Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting Group
Editor: Asido Situmorang 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here