EUR/USD Balik Ke 1.1300 Dengan Dolar AS Mengambil Napas

218

(Vibiznews-Forex) Data AS yang lebih baik daripada yang diperkirakan memberikan dolar AS dorongan yang bagus, walaupun momentum yang positip memudar menjelang Wall Street ditutup. Dolar AS masih berkemenangan dengan pasangan EUR/USD berada di 1.1307.

Pasangan matauang EUR/USD jatuh ke kerendahan baru selama dua minggu di 1.1289 pada sesi perdagangan AS, dengan data AS yang lebih baik daripada yang diperkirakan memberikan “greenback” dorongan yang diperlukan untuk naik menembus lebih tinggi. Meskipun memulai minggu yang baru dengan berdiri pada pijakan yang salah, dolar AS berhasil pulih karena keengganan terhadap resiko, berhasil mengambil kembali kekuatannya meskipun sentimen pasar memburuk pada pertengahan hari Senin, yang memberikan indikasi bahwa pasar biar bagaimanapun tetap lebih memilih dolar AS, di dalam lingkungan yang dikarakterkan dengan pertumbuhan ekonomi yang melambat dan netralnya bank-bank sentral.

Markit dari Uni Eropa yang merilis data PMI Jasa untuk bulan Februari dan juga Penjualan Eceran menunjukkan data yang lebih baik daripada yang diperkirakan pada bulan Januari. Namun, data dari Uni Eropa yang positip gagal mendorong naik pasangan matauang ini, yang malah melanjutkan penurunannya setelah angka dari AS yang bagus dirilis. Markit Services PMI AS muncul di 55.5 sedikit dibawah dari yang diperkirakan pasar 55.8, meskipun indeks resmi, ISM Non-Manufacturing PMI, dicetak 59.7 dari sebelumnya 56.7 pada bulan Januari, keuntungna terbesar di dalam satu tahun.

Secara tehnikal, penurunan lebih lanjut dari pasangan matauang ini akan berhadapan dengan “support” terdekat di 1.1265 yang apabila tertembus akan bertemu dengan “support” berikutnya di 1.1230 dan 1.1200. Sebaliknya kenaikan lebih lanjut akan berhadapan dengan “resistance” terdekat di 1.1340 yang apabila berhasil ditembus akan bertemu dengan “resistance” berikutnya di 1.1375.

Ricky Ferlianto/VBN/Managing Partner  Vibiz Consulting Group

Editor: Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here