Jelang Pengumuman ECB, Saham di Bursa Eropa Banyak Yang Ambruk

472

(Vibiznews – Index) – Perdagangan bursa saham kawasan Eropa  hari Kamis (07/03) dibuka negatif dan kini bergerak lebih rendah  menjelang keputusan suku bunga Bank Sentral Eropa yang akan diumumkan malam nanti. Selain itu pasar juga masih menanti perkembangan terbaru penyelesaian dagang AS-China.

Indeks Pan-European Stoxx 600 turun 0,3 persen dengan hampir setiap sektor berada di zona merah. Kini indeks DAX Jerman melemah 0,30 persen, indeks CAC 40 Perancis alami penurunan 0,29 persen dan indeks FTSE 100 anjlok 0,38 persen.

Tekanan indeks banyak disumbang oleh anjloknya saham otomotif dan sumber daya dasar yang turun lebih dari 1 persen. Selain itu terdapat berita anjloknya saham Hugo Boss lebih dari 1 persen setelah mereka memperkirakan laba operasi meningkat lebih cepat dari penjualan pada tahun 2019.

Untuk berita saham lokal lainnya, saham JC Decaux berada di antara yang berkinerja tinggi, naik sekitar 5 persen setelah perusahaan melaporkan kenaikan laba bersih pada tahun 2018 dan memutuskan untuk membayar dividen yang lebih tinggi. Selain itu ada juga saham Lufthansa melonjak 2 persen didukung oleh peningkatan peringkat oleh Citi.

Di Eropa, investor sedang menunggu untuk mendengar pernyataan dari Presiden ECB Mario Draghi terkait kebijakan moneter bank sentral setelah pertemuan Dewan Kebijakan ECB.  Selain itu berita Brexit, para pejabat Eropa telah mendesak pemerintah Inggris untuk mengajukan proposal baru dalam waktu 48 jam ke depan untuk memecah kebuntuan Brexit menjelang pemungutan suara kritis minggu depan di London.

Sebagai informasi perdagangan bursa Eropa hari sebelumnya sebagian besar lebih rendah karena investor menunggu perkembangan baru pada perdagangan AS-China dan juga Brexit. Indeks Pan Eropa Stoxx 600 selesai sedikit lebih rendah dengan indeks DAX Jerman merosot 0,3 persen dan indeks CAC 40 Perancis tergelincir 0,2 persen sementara FTSE 100 naik 0,2 persen.

 

Jul Allens/ Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting Group
Editor: Asido Situmorang 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here