Bursa Eropa Masih Kecewa Terhadap ECB, Banyak Saham Berjatuhan

1236

(Vibiznews – Index) – Perdagangan bursa saham kawasan Eropa  hari Jumat (08/03) dibuka sangat lemah imbas tekanan trend negatif bursa global pasca kebijakan ECB yang mengecewakan pasar. Namun sedikit ditahan oleh sentimen investor terus mencerna berita tentang stimulus lebih lanjut di zona euro.

Indeks Pan-European Stoxx 600 turun 0,7 persen dengan hampir setiap sektor berada di zona merah. Kini indeks DAX Jerman melemah 0,63 persen, indeks CAC 40 Perancis alami penurunan 0,42 persen dan indeks FTSE 100 anjlok 0,71 persen.

Buruknya perdagangan saham di kawasan Asia turut mengkhawatirkan investor Eropa dimana bursa Asia terpukul oleh data perdagangan Tiongkok yang lebih lemah dari perkiraan. Ekspor Cina turun 20,7 persen pada Februari dari tahun lalu, yang telah menimbulkan pertanyaan tentang pertumbuhan ekonomi di negara besar tersebut.

Namun di Eropa, investor masih mencerna pengumuman dari Bank Sentral Eropa (ECB) yang mengumumkan putaran baru pinjaman untuk meningkatkan pinjaman di bank-bank zona euro sehingga mampu merangsang ekonomi riil. Selain itu juga ECB memutuskan suku bunga akan terus tetap pada level saat ini setidaknya sampai akhir tahun.

Berita saham lokal hari ini, saham Debenhams naik 14,5% di bursa Inggris  setelah Mike Ashley mengatakan ia akan melepaskan perannya sebagai CEO Sports Direct untuk fokus menjalankan Debenhams. Demikian juga saham GVC turun sekitar 6 persen pada awal perdagangan setelah ketua dan CEOnya menjual saham perusahaan.

Untuk berita politik di kawasan Eropa, pemerintah Finlandia mengundurkan diri pada hari Jumat setelah gagal menerapkan reformasi perawatan kesehatan tertentu dan negara itu dijadwalkan mengadakan pemilihan pada 14 April.

Menteri luar negeri Inggris Jeremy Hunt mengatakan bahwa ada kemajuan dalam pembicaraan Brexit selama beberapa hari terakhir. Sebelumnya Uni Eropa mendesak Inggris untuk datang dengan proposal baru untuk mengatasi kebuntuan perbatasan Irlandia pada hari Sabtu untuk diputuskan anggota parlemen Inggris tgl 12 Maret.

Sebagai informasi perdagangan bursa Eropa hari sebelumnya ditutup lebih rendah pada karena ECB memangkas perkiraan pertumbuhannya untuk pertumbuhan ekonomi zona euro tetapi mengumumkan akan memberikan pinjaman baru bagi bank untuk merangsang pertumbuhan. Indeks Pan European Stoxx 600 turun 0,4 persen, indeks  DAX Jerman turun 0,6 persen, indeks CAC 40 Prancis turun 0,4 persen dan FTSE 100 turun setengah persen.

 

Jul Allens/ Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting Group
Editor: Asido Situmorang 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here