Bursa Eropa Awal Pekan Bergerak Kuat Menanti Pemilihan Brexit

585

(Vibiznews – Index) – Perdagangan bursa saham kawasan Eropa awal pekan hari Senin (11/03) dibuka lebih tinggi  karena para pelaku pasar Eropa sedang menunggu hasil pemungutan suara penting di Inggris yang akan menentukan apakah kesepakatan Brexit negara itu akan disetujui.

Indeks Pan-European Stoxx 600 naik hampir 0,37 persen dengan semua sektor masuk zona hijau. Kini indeks DAX Jerman menguat 0,23 persen, indeks CAC 40 Perancis alami penguatan 0,23 persen dan indeks FTSE 100 naik 0,99 persen.

Saham-saham perbankan dan sektor perdagangan memimpin pergerakan dengan kenaikan 0,7 persen, seperti saham Commerzbank naik  hampir 4 persen karena Deutsche Bank dilaporkan setuju untuk mengadakan pembicaraan merger dengan saingannya ini setelah CEO Christian Sewing menjatuhkan penentangannya terhadap kesepakatan itu. Beberapa laporan media selama akhir pekan, Christian Sewing dipaksa untuk mempertimbangkan kembali pendiriannya setelah tekanan investor atas penurunan kinerja bank.

Pemerintah Jerman yang masih memiliki 15 persen dari Commerzbank, dianggap mendukung ikatan antara dua pemberi pinjaman terbesar di negara itu.  Saham Deutsche Bank juga naik lebih dari 2 persen.

Terkait Brexit, minggu ini adalah yang sangat penting bagi kurs poundsterling untuk keberlangsungan Brexit. Tanggal 12 Maret parlemen Inggris akan memutuskan apakah menyetujui kesepakatan Brexit Perdana Menteri Inggris Theresa May, dan jika parlemen menolak maka Brexit akan dilakukan tanpa syarat.

Brexit diperkirakan akan mendominasi pertemuan Eurogroup para menteri keuangan zona euro pada hari Senin menjelang pertemuan Dewan Urusan Ekonomi dan Keuangan (ECOFIN) dari semua menteri keuangan Uni Eropa pada hari Selasa.

Sebagai informasi perdagangan bursa Eropa akhir pekan lalu ditutup lebih rendah  di tengah kekhawatiran tentang pertumbuhan, ketegangan perdagangan dan kekhawatiran terkait Brexit. Indeks Pan Eropa Stoxx 600 melemah 0,9 persen, indeks DAX Jerman turun setengah persen sementara indeks CAC 40 Prancis dan FTSE 100 menurun 0,7 persen.

 

Jul Allens/ Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting Group
Editor: Asido Situmorang 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here