Saham Deutsche Bank Masih Hangatkan Perdagangan Bursa Eropa Awal Pekan

502

(Vibiznews – Index) – Perdagangan bursa saham kawasan Eropa awal pekan hari Senin (18/03) sedikit lebih tinggi  di tengah meningkatnya spekulasi para pelaku pasar bahwa Federal Reserve AS memberikan sinyal dovish pada pertemuan kebijakan akhir pekan ini.

Indeks Pan-Eropa Stoxx 600 naik sekitar 0,2 persen sebagian besar sektor dan bursa utama di wilayah positif. Indeks DAX Jerman turun 0,08 persen, indeks CAC 40 Prancis naik 0,08 persen dan FTSE 100  naik 0,63 persen.

Saham sumber daya dasar Eropa memimpin kenaikan dengan penguatan lebih dari 1,4 persen, seperti saham  Saham Rio Tinto, Anglo American dan ArcelorMittal naik sekitar 2 persen.

Berita saham lainnya masih melihat penguatan lanjutan saham  Deutsche Bank dan Commerzbank setelah perusahaan pemberi pinjaman terbesar Jerman tersebut mengkonfirmasi akan melakukan merger pada berita akhir pekan lalu. Saham kedua bank melonjak lebih dari 3 persen.

Sementara itu, saham EDF Perancis merosot ke bagian bawah indeks setelah HSBC memangkas peringkat pada saham untuk peringkat menahan  dari  posisi sebelumnya beli.  Saham perusahaan yang terdaftar di bursa Paris itu turun lebih dari 1 persen.

Fokus pasar sebagian besar masih tertuju pada perkembangan Brexit, dimana Perdana Menteri Inggris Theresa May akan berjuang kembali mendapatkan dukungan dari parlemen untuk perjanjian Brexit-nya sekali lagi, dengan hanya tiga hari tersisa untuk memenangkan persetujuan dari anggota parlemen Inggris menjelang pertemuan puncak para pemimpin UE pada hari Kamis.

Untuk katalis penggerak dari kalender ekonomi kawasan Euro dan Inggris hari ini  hanya dari  kawasan euro  akan mempublikasikan angka neraca perdagangan untuk bulan Januari yang diperkirakan menunjukkan data yang lebih tinggi.

Sebagai informasi perdagangan bursa Eropa akhir pekan lalu menguat karena kekhawatiran terkait Brexit mereda dan Perdana Menteri China Li Keqiang berjanji mendukung perlambatan ekonomi. Indeks Pan Eropa Stoxx 600 naik 0,7 persen dengan indeks DAX Jerman naik 0,9 persen, indeks CAC 40 Prancis melonjak 1 persen dan FTSE 100 dari AS menguat 0,6 persen.

 

Jul Allens/ Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting Group
Editor: Asido Situmorang 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here