Bursa Eropa Kembali Cetak Untung Masuki Hari ke-5 Berturut

479

(Vibiznews – Index) – Perdagangan bursa saham kawasan Eropa  hari Selasa (19/03) dibuka lebih tinggi melanjutkan keuntungan perdagangan awal pekan, menerima sentimen positif pasar yang sedang  tingginya ketidakpastian Brexit dan menunggu pertemuan kebijakan moneter terbaru Federal Reserve.

Indeks Pan-Eropa Stoxx 600 naik sekitar 0,3 persen dari perdagangan sebelumnya dengan bursa utama dan sebagian besar sektor dan bursa utama di wilayah positif. Indeks DAX Jerman naik 0,39 persen, indeks CAC 40 Prancis naik 0,21 persen dan FTSE 100  naik 0,43 persen.

Saham barang pribadi dan rumah tangga Eropa memimpin kenaikan setelah bel pembukaan, naik lebih dari 0,5 persen di tengah data perdagangan Swiss. Saham Swatch Group dan Richemont keduanya naik lebih dari 1,5 persen setelah data resmi menunjukkan ekspor Swiss mencapai rekor bulanan pada bulan Februari.

Berita saham lainnya, saham Iliad Prancis anjlok parah dengan turun 7 persen karena berita laporan pendapatan yang lemah dan membayangi kemungkinan rencana untuk menjual sebagian dari aset selulernya.

Sementara itu di bursa London, saham Antofagasta naik 3 persen setelah mengumumkan pembayaran dividen yang lebih tinggi dari perkiraan dan perusahaan pertambangan ini juga melaporkan penurunan pendapatan inti tahunan yang sesuai dengan ekspektasi.

Fokus pasar sebagian besar tertuju pada kebijakan moneter Fed berikutnya yang akan diumumkan setelah pertemuan selama 2 hari dan dimulai pada hari Selasa waktu setempat. Dengan pertumbuhan ekonomi global tampaknya melambat, sebagian besar pelaku pasar mengantisipasi bank sentral AS untuk memberikan nada dovish. Federal Reserve juga diperkirakan akan menurunkan perkiraan suku bunganya .

Kembali di Eropa, ketidakpastian Brexit baru terjadi setelah pembicara parlemen Inggris memutuskan bahwa Perdana Menteri Inggris Theresa May tidak dapat mengajukan perjanjian Brexit berikutnya ke pemungutan suara baru kecuali jika diajukan kembali dalam bentuk yang secara substansial berbeda.

Sebagai informasi perdagangan bursa Eropa hari Senin naik untuk yang ke-4 hari berturut karena pembicaraan merger antara Deutsche Bank dan Commerzbank mendorong penguatan saham perbankan di seluruh bursa. Indeks Pan Eropa Stoxx 600 naik 0,3 persen dengan indeks DAX Jerman tergelincir 0,3 persen, sementara indeks CAC 40 Prancis naik 0,1 persen dan indeks FTSE 100 di Inggris menguat 1 persen didukung oleh pound yang lebih lemah.

 

Jul Allens/ Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting Group
Editor: Asido Situmorang 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here