Emas Naik Karena Faktor Diluar Pasar

376

(Vibiznews-Commodity) Harga emas dan perak naik secara moderat pada awal perdagangan sesi AS hari Selasa kemarin. Indeks dolar AS yang melemah dan harga minyak mentah yang naik lebih tinggi mendukung pasar metal berharga kemarin.

Emas berjangka bulan April terakhir naik $6.80 per ons pada $1,308.30. Perak Comex bulan Mei terakhir naik $0.083 pada $15.405 per ons.

Hal diluar pasar pada hari kemarin adalah melemahnya indeks dolar AS dan berada pada kerendahan selama tiga minggu. Kenaikan “greenback” telah meredup belakangan ini. Sementara itu, harga minyak mentah naik dan diperdagangkan disekitar $59.50 per barel. Harga minyak ini menyentuh ketinggian selama empat bulan semalam.

Pasar saham Asia dan Eropa kebanyakan naik semalam. Minat terhadap resiko di pasar tetap tinggi, dengan tidak adanya persoalan geopolitik utama yang menggoncang pasar dunia. Indek saham AS mengarah lebih kuat pada saat pembukaan sesi New York dimulai.

Fokus para trader dan investor  berbalik ke pertemuan FOMC dari Federal Reserve pada minggu ini, yang dimulai pada hari Selasa dan berakhir pada hari Rabu sore waktu Amerika dengan suatu pernyataan. FOMC diperkirakan tidak akan mengubah kebijakan moneternya pada pertemuan ini. The Fed telah menjadi lebih “dovish” pada beberapa bulan yang lalu. Seperti biasanya, pasar akan menganalisa pernyataan FOMC dan perkataan Gubernur Fed Jerome Powell untuk mendapatkan petunjuk mengenai  arah dan waktu perubahan dari kebijakan moneter.

Persoalan Brexit yang tidak terselesaikan terus membara. Perkembangan yang terakhir seorang anggota Parlemen merintangi pemungutan suara dari rencana yang dipresentasikan oleh PM Theresa May.  Menjadi semakin mungkin keluarnya  Inggris dari Uni Eropa akan merupakan persoalan yang panjang.

Secara tehnikal, obyektif kenaikan harga emas selanjutnya adalah menembus “resistance” yang solid di $1,320.00 setelah melewati $1,311.60 dan kemudian $1,317.00. Sedangkan obyektif penurunan harga emas selanjutnya adalah menembus “support” yang solid di $1,280.80 setelah melewati $1,300.00 dan kemudian $1,290.60.

Ricky Ferlianto/VBN/Managing Partner  Vibiz Consulting Group

Editor: Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here