Harga Minyak Sesi Eropa Tertekan Kekuatiran Perlambatan Ekonomi

637

(Vibiznews – Commodity) Harga minyak merosot pada hari Rabu (20/03) di sesi Eropa, tertekan kekhawatiran perlambatan pertumbuhan ekonomi, namun pemotongan pasokan OPEC dan sanksi AS terhadap Iran dan Venezuela, berusaha menahan penurunan.

Harga minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI) AS berada di $ 58,39 per barel, turun 64 sen, atau 1,08 persen. WTI pada hari Selasa mencapai level tertinggi sejak 12 November di $ 59,57 per barel.

Harga minyak mentah berjangka Brent berada di $ 67,28 per barel, turun 33 sen, atau 0,49 persen. Brent pada Selasa menyentuh tertinggi sejak 16 November di $ 68,20 per barel.

Harga minyak mentah telah naik hampir sepertiga tahun ini, didorong oleh langkah yang dipimpin oleh Organisasi Negara Pengekspor Minyak (OPEC) untuk menahan sekitar 1,2 juta barel per hari (bpd) pasokan serta oleh sanksi AS terhadap eksportir minyak Iran dan Venezuela.

Analis mengatakan pelambatan ekonomi dapat segera mengurangi konsumsi bahan bakar, agak menahan minyak mentah.

Kepercayaan bisnis Asia bertahan di dekat posisi terendah tiga tahun pada kuartal pertama ketika perselisihan perdagangan AS dan China berlanjut, meruntuhkan ekonomi global yang sudah berada di jalur menurun, sebuah survei Thomson Reuters / INSEAD ditemukan pada hari Rabu.

Persediaan minyak mentah, bensin, dan sulingan AS secara tak terduga turun dalam sepekan hingga 15 Maret, kata kelompok industri American Petroleum Institute, Selasa.

Administrasi Informasi Energi (EIA) AS akan mempublikasikan laporan tingkat produksi dan penyimpanan minyak mentah mingguannya sekitar pukul 1700 GMT, Rabu.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan harga minyak mentah berpotensi lemah dengan kekhawatiran perlambatan ekonomi. Juga akan mencermati laporan EIA untuk persediaan minyak mentah mingguan, yang jika terealisir naik akan menekan harga minyak. Harga minyak diperkirakan bergerak dalam kisaran Support $ 57,90-$ 57,40, dan jika harga naik akan bergerak dalam kisaran Resistance $ 58,90-$ 59,40.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here