Inflasi Februari Inggris Naik Tipis Mengabaikan Ketidakpastian Brexit

584

(Vibiznews – Economy & Business) Tingkat inflasi utama Inggris naik bulan lalu tetapi tetap mendekati level terendah dua tahun Januari, membantu konsumen mempertahankan daya belanjanya meskipun ketidakpastian Brexit terus menggema.

Harga konsumen naik pada tingkat tahunan 1,9 persen pada Februari setelah kenaikan 1,8 persen pada Januari, demikian rilis Kantor Statistik Nasional Inggris pada Rabu (20/03). Sebuah jajak pendapat Reuters dari para ekonom menunjukkan angka 1,8 persen.

Tetapi inflasi inti, yang menghapus volatilitas harga pangan dan energi, turun tipis, meninggalkan gambaran keseluruhan tekanan harga domestik di Inggris mereda di depan Brexit.

Melemahnya inflasi, dikombinasikan dengan tingkat pengangguran terendah dalam 44 tahun dan kenaikan upah, telah mengabaikan ketidakpastian tentang Brexit bagi banyak rumah tangga yang pengeluarannya mendorong ekonomi Inggris.

Tingkat inflasi sederhana Inggris juga membantu Bank of England, karena menahan kenaikan suku bunga baru sambil menunggu hasil kebuntuan Brexit Inggris.

Sekelompok pejabat di bank sentral mengatakan selama beberapa minggu terakhir bahwa mereka ingin melihat bukti kuat dari tekanan inflasi domestik sebelum mereka memilih untuk menaikkan suku bunga.

Data resmi Rabu juga menunjukkan harga rumah naik pada laju tahunan terlemah yang terlihat dalam lima setengah tahun, terseret oleh harga London yang turun paling tajam sejak September 2009.

ONS mengatakan harga rumah di Januari naik 1,7 persen tahunan di seluruh Inggris secara keseluruhan, kenaikan terkecil sejak Juni 2013, ketika Inggris masih berjuang untuk melepaskan diri dari dampak krisis keuangan global.

Harga di London saja turun 1,6 persen, menandai 11 bulan di mana harga belum naik. ONS mengatakan harga di ibu kota turun 3,3 persen dari harga terbaru mereka pada Juni 2017.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here