EUR/USD Berusaha Untuk Naik Di atas 1.1300 Setelah Keluarnya Data AS

1280

(Vibiznews-Forex) Pasangan EUR/USD pulih sedikit dari kerendahan hariannya setelah rilis dari Markit PMI AS, yang muncul sedikit dibawah dari yang diperkirakan, sekalipun masih di dalam teritori ekspansi.

Betapa besarnya perbedaan yang terjadi dalam 36 jam. EUR/USD diperdagangkan di dekat 1.1450 pada akhir hari Rabu setelah keputusan Fed yang “dovish”. Namun, dolar AS masih tetap “baju terbersih di antara tumpukan yang kotor”. AS masih menikmati ekonomi yang kuat, sesuatu yang zona euro tidak punya.

Euro mengalami pukulan dengan Markit dari German Manufacturing Purchasing Managers’ Index turun ke 44.7, jauh dibawah angka 50 ambang batas yang memisahkan kontraksi dengan ekspansi dan secara signifikan dibawah angka 48 yang diperkirakan. Data dari Perancis juga lemah dengan kedua sektor manufaktur dan jasa mendapatkan PMI dibawah 50.

Euro hampir tidak digembirakan oleh “Brexitension”. Para pemimpi Uni Eropa memutuskan untuk menunda Brexit sampai paling tidak tanggal 12 April, menambah kelegaan dua minggu lagi. Jika Parlemen Inggris pada akhirnya menyetujui persetujuan penarikan, Inggris akan meninggalkan Uni Eropa pada tanggal 22 Mei dengan cara yang rapi. Jika tidak, akan bisa terjadi apakah Brexit yang keras pada tanggal 12 April atau mungkin penundaan yang lama yang bisa menghasilkan pemimpin yang baru, pemilihan yang baru, atau referendum yang kedua.

Pasangan EUR/USD pulih sedikit dari kerendahan hariannya setelah rilis dari Markit PMI AS, yang muncul sedikit dibawah dari yang diperkirakan, sekalipun masih di dalam teritori ekspansi.

“Suppot” terdekat berada pada kerendahan baru di 1.1288. Apabila turun lebih lanjut akan bertemu dengan “support” berikutnya di 1.1275 dan 1.1250. Apabila naik, akan bertemu dengan “resistance” terdekat di 1.1325 yang apabila berhasil ditembus akan naik lagi ke 1.1340 dan 1.1360.

Ricky Ferlianto/VBN/Managing Partner  Vibiz Consulting Group

Editor: Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here