Harga Minyak Sesi Eropa Bergerak Naik Terbantu Sentimen Bullish

685

(Vibiznews – Commodity) Harga Minyak naik lebih lanjut pada hari Selasa (26/03) terbantu pemotongan pasokan OPEC dan ekspektasi persediaan AS yang lebih rendah mengatasi kekhawatiran pelemahan permintaan akibat perlambatan ekonomi.

Harga minyak mentah berjangka AS menambahkan 72 sen pada $ 59,54.

Harga minyak mentah berjangka Brent naik 50 sen pada $ 67,71 per barel pada 1003 GMT, tidak jauh dari tinggi 2019 dari $ 68,69 yang dicapai pada 21 Maret.

Harga patokan global minyak mentah Brent telah naik sekitar 25 persen pada tahun 2019, didukung oleh pembatasan pasokan oleh Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak plus sekutunya, dan kerugian tak disengaja karena sanksi AS terhadap Iran dan Venezuela.

Ekspektasi penurunan lebih lanjut dalam persediaan A.S. juga mendukung harga, menunjukkan pembatasan yang dipimpin OPEC membantu mencegah penumpukan pasokan berlebih.

Laporan pasokan minggu ini yang pertama, dari American Petroleum Institute, akan dirilis pukul 2030 GMT. Persediaan minyak mentah AS diperkirakan turun 2,4 juta barel dalam penurunan mingguan ketiga beruntun.

Dukungan harga lebih lanjut datang dari pemadaman listrik lain di Venezuela, yang kedua yang menghantam negara OPEC bulan ini, meningkatkan kekhawatiran tentang ekspor minyak negara itu.

Kekhawatiran tentang permintaan telah membatasi reli minyak karena data manufaktur dari Asia, Eropa dan Amerika Serikat menunjukkan perlambatan ekonomi.

Kekhawatiran investor terhadap ekonomi global telah meningkat pada hari Jumat setelah data pabrik Jerman dan AS yang mengecewakan menyebabkan inversi kurva yield Treasury AS, yang beberapa orang lihat sebagai indikator utama resesi.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan harga minyak mentah berpotensi naik terdukung sentimen bullish pemotongan produksi OPEC dan perkiraan penurunan pasokan AS. Harga minyak diperkirakan bergerak dalam kisaran Resistance $ 60,00-$ 60,50, dan jika harga turun akan bergerak dalam kisaran Support $ 59,00-$ 58,50.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here