GBP/USD Bertahan Diatas 1.3200 Karena Meningkatnya Dukungan Terhadap PM May

496

(Vibiznews-Forex) GBP/USD diperdagangkan turun sedikit namun masih dalam rentang diatas 1,3200. Anggota Parlemen konservatif tambahan sedang datang untuk mendukung kesepakatan Brexit dari PM May. Parlemen bersiap untuk mengadakan pemungutan suara indikatif dan Partai Buruh akan mendukung referendum kedua.

Tidak kurang dari 16 amandemen sudah ada di meja namun Speaker John Bercow kemungkinan akan menyeleksi sehingga akan berkurang menjadi sekitar 7. Pilihan berkisar dari “no-deal” Brexit sampai kepada “No Brexit” samasekali. Pilihan Brexit yang lebih halus juga ada di meja. Dalam hal ini termasuk partisipasi di Single Market dan di Custom Union.

Oposis dari Partai Buruh telah meletakkan opsi untuk hubungan ekonomi yang lebih dekat dengan Uni Eropa dan juga dilaporkan akan mendukung “confirmatory vote”, Voting untuk kesepakatan Brexit dari May dengan kondisi bahwa disetujui di dalam referendum lainnya.

Penting untuk dicatat bahwa keputusan Parlemen pada hari kemarin tidak bersifat mengikat dan PM May berkata bahwa pemerintah tidak bisa disetir oleh mereka, namun menambah tekanan atasnya. Tekanan datang juga dari partainya sendiri.

Pada hari Selasa, Jacobs Ress-Mogg, pemimpin dari Eurosceptic European Research Group nampaknya menghangat untuk mendukung kesepakatan, dengan kekuatiran Brexit bisa tidak jadi. Ini adalah perkembangan yang signifikan, namun tidak semua koleganya berada dibelakangnya.

Di dalam semuanya, situasi Brexit tetap agak kacau menjelang tanggal Brexit yang baru, 12 April. Ketidakpastian agak melemahkan GBP/USD, namun segala hal bisa bergerak cepat.

Di pihak lain, AS mengeluarkan data yang bagus. Biro Analisis Ekonomi mengumumkan pada hari kemarin bahwa defisit jasa dan barang-barang adalah $51.1 miiar pada bulan Januari, turun sebanyak $8.8 miliar dari $59.9 miliar pada bulan Desember.

Saat ini GBP/USD diperdagangkan disekitar 1.3208.  Penurunan lebih lanjut akan berhadapan dengan “support” terdekat di 1.3160 yang apabila tertembus akan lanjut ke 1.3115 dan 1.3005. Sebaliknya kenaikan lebih lanjut akan berhadapan dengan “resistance” terdekat di 1.3225 yang apabila tertembus akan lanjut ke 1.3260 dan 1.3315.

Ricky Ferlianto/VBN/Managing Partner  Vibiz Consulting Group

Editor: Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here