Pertumbuhan Manufaktur AS Bulan Maret Rebound

661

(Vibiznews – Economy & Business) Pertumbuhan manufaktur AS rebound pada bulan Maret, menurut laporan industri yang dirilis pada hari Senin (01/04) karena produksi, pesanan baru dan perekrutan semua meningkat.

Institute for Supply Management (ISM) mengatakan indeks aktivitas pabrik nasional naik menjadi 55,3 dari 54,2 pada Februari, yang telah menandai level terendah sejak November 2016. Angka itu sedikit di atas ekspektasi 54,5 dari jajak pendapat Reuters dari 69 ekonom.

Angka di atas 50 menunjukkan ekspansi di sektor manufaktur dan angka di bawah 50 menunjukkan kontraksi.

Indeks ketenagakerjaan naik menjadi 57,5 ​​dari 52,3 sebulan sebelumnya. Harapan menyerukan pembacaan 52,4.

Indeks pesanan baru naik menjadi 57,4 dari 55,5 pada Februari. Indeks harga yang dibayar naik menjadi 54,3, menunjukkan bahwa harga yang dibayar produsen untuk bahan naik untuk pertama kalinya sejak Desember.

Produksi juga meningkat, dengan indeks itu naik menjadi 55,8 dari 54,8 pada bulan sebelumnya.

Pengeluaran konstruksi A.S. meningkat untuk bulan ketiga berturut-turut di Februari, didorong oleh kenaikan di proyek konstruksi swasta dan publik, menawarkan beberapa kabar baik tentang perekonomian setelah serangkaian laporan yang lemah.

Departemen Perdagangan mengatakan pada hari Senin pengeluaran konstruksi naik 1,0 persen ke level tertinggi sembilan bulan setelah kenaikan 2,5 persen yang direvisi naik pada Januari.

Ekonom yang disurvei oleh Reuters memperkirakan belanja konstruksi turun 0,2 persen pada Februari setelah sebelumnya melonjak 1,3 persen pada Januari.

Pengeluaran konstruksi meningkat 1,1 persen pada skala tahun ke tahun di bulan Februari.

Pada bulan Februari, pengeluaran untuk proyek konstruksi swasta naik 0,2 persen setelah melompat 1,5 persen pada Januari. Investasi dalam proyek perumahan swasta meningkat 0,7 persen, naik selama tiga bulan berturut-turut.

Keuntungan kuat meskipun pasar perumahan lesu, yang telah ditahan oleh tingkat hipotek yang lebih tinggi, bahan bangunan mahal serta kekurangan lahan dan tenaga kerja. Tetapi ada tanda-tanda tunas hijau muncul di pasar perumahan karena tingkat hipotek telah menurun dari tingkat tinggi tahun lalu.

Pengeluaran untuk struktur non-perumahan pribadi, yang meliputi pabrik dan pembangkit listrik, turun 0,5 persen pada Februari setelah melonjak 1,1 persen pada Januari.

Investasi dalam proyek konstruksi publik naik 3,6 persen pada Februari setelah melaju 5,7 persen pada bulan sebelumnya.

Pengeluaran untuk proyek konstruksi pemerintah federal naik 0,9 persen ke level tertinggi sejak Oktober 2017, setelah melonjak 5,7 persen pada Januari.

Investasi dalam proyek konstruksi pemerintah negara bagian dan lokal naik 3,8 persen setelah melonjak 5,7 pada Januari.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here