GBP/USD Naik Ditengah Harapan Adanya Resolusi Brexit Meskipun Data Lemah

468

(Vibiznews-Forex) GBP/USD diperdagangkan diatas 1.1300, turun dari ketingian namun masih naik pada perdagangan hari ini. PMI jasa Inggris meleset dari yang diperkirakan dengan keluar angka 48.9. Namun, harapan akan adanya solusi dari lintas partai tetap membuat poundsterling naik.

Penurunan GBP/USD ternyata hanya berlangsung singkat dan pasangan matauang ini menyaksikan pembalikan yang dramatis setelah anggoa parlemen Konservatif Sir Oliver Letwin dan anggota parlemen Buruh Yvette Cooper mengajukan usulan mereka untuk memberikan suara atas suatu Ketetapan untuk mencegah terjadinya Brexit yang tanpa kesepakatan dan memperpanjang Artikel 50. Pergerakan sentimen yang positip pada “intraday” ini mendapatkan dorongan tambahan setelah PM Inggris Theresa May mengumumkan bahwa dia akan meminta Uni Eropa untuk memperpanjang tenggat waktu Brexit dan juga menawarkan pembicaraan lintas partai dengan pemimpin Partai Buruh Jeremy Corbyn untuk menembus kemacetan Brexit.

Pasangan matauang ini mengalami rally 135 pips pada intraday dan melompat kembali mendekati ayunan ketinggian “overnight”, meskipun sekali lagi pergerakan naik berhenti di dekat pertengahan 1.3100 an  dengan investor menunggu update terbaru atas ketidakpastian Brexit yang berkepanjangan.

Secara tehnikal, kenaikan lebih lanjut akan berhadapan dengan “resistance” terdekat di 1.3180 yang apabila ditembus akan lanjut ke 1.3200 dan akhirnya 1.3260. Sebaliknya apabila turun akan berhadapan dengan “support” terdekat yang kuat  di 1.3000  yang apabila berhasil ditembus akan lanjut ke 1.2980 dan akhirnya 1.2900.

Ricky Ferlianto/VBN/Managing Partner  Vibiz Consulting

Editor: Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here