Harga Emas Stabil Ditengah Kuatnya Dolar AS

398

(Vibiznews-Commodity) Harga emas dan perak stabil sedikit turun pada awal perdagangan sesi AS hari Selasa kemarin. Harga emas menyentuh kerendahan selama tiga minggu semalam. Naiknya indeks dolar AS yang ditutup pada angka tertinggi di bulan Maret terus  memadamkan minat beli di dalam pasar metal berharga.

Emas berjangka bulan Juni terakhir turun $0.50 per ons pada $1,293.70. Perak Comex bulan Mei terakhir turun $0.109 pada $14.99 per ons.

Indeks saham Asia dan Eropa bercampur sedikit naik di dalam perdagangan yang lebih sepi semalam, setelah keuntungan yang besar pada hari Senin. Indeks saham AS mengarah ke stabil sampai bercampur pada saat pembukaan sesi New York dimulai. Indeks saham AS sedang berada pada ketinggian beberapa bulan belakangan ini dan sedang menikmati tren naik yang solid pada grafik.

Hal kunci lainnya diluar pasar pada hari kemarin adalah naiknya harga minyak mentah Nymex dan menyentuh ketinggian 4,5 bulan dan diperdagangkan sedikit diatas $62.00 per barel.

Momentum yang melambat di sektor manufaktur AS tidak membantu untuk memberikan kelegaan dari tekanan turun di pasar emas dengan harga emas relatif tidak berubah pada hari kemarin.

Biro sensus AS hari Selasa kemarin mengatakan bahwa order “durable goods” AS turun sebesar $4.2 miliar atau 1.6% menjadi $250.3 miliar, di bulan Februari, turun dari kenaikan 0.1% pada bulan Januari. Data yang keluar ini juga meleset dari ekspektasi yang diperkirakan oleh konsensus turun hanya 1.1%.

Sementara itu “durable goods” inti yang mengeluarkan volatilitas sektor transportasi juga lebih lemah daripada yang diperkirakan, hanya bertambah sebesar 0.1% pada bulan Februari. Konsensus memperkirakan kenaikan sebesar 0.3%.

Namun data ekonomi yang keluar ini hanya sedikit mempengaruhi harga emas dengan para investor lebih banyak menaruh perhatian terhadap dolar AS dan pasar saham.

Secara tehnikal, obyektif dari kenaikan harga emas selanjutnya adalah menembus “resistance” yang solid di $1,330.80 setelah melewati $1,301.70 dan kemudian $1.305.00. Sedangkan obyektif penurunan harga emas adalah menembus “support” yang solid di $1,287.50 setelah melewati $1,289.50.

Ricky Ferlianto/VBN/Managing Partner  Vibiz Consulting

Editor: Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here