Pertumbuhan Sektor Jasa AS Maret Merosot Paling Lambat Dalam Setahun

657
Vibizmedia Photo

(Vibiznews – Economy & Business) Pertumbuhan di sektor jasa AS merosot melebihi perkiraan dalam laju paling lambat lebih dari setahun, demikian data dari Institute for Supply Management pada Rabu (03/04).

Indeks non-manufaktur ISM turun menjadi 56,1 pada bulan Maret, cetakan terlemah sejak Agustus 2017, turun dari 59,7 pada bulan Februari. Ekonom yang disurvei oleh Refinitiv memperkirakan indeks akan turun ke 58.

Pertumbuhan sektor non-manufaktur berkurang pada bulan Maret setelah pertumbuhan yang kuat pada bulan Februari.

“Responden sebagian besar tetap optimis tentang kondisi bisnis dan ekonomi secara keseluruhan. Mereka masih memiliki keprihatinan mendasar tentang sumber daya ketenagakerjaan dan kendala kapasitas. ”, demikian pernyataan Anthony Nieves, ketua Institute for Supply Management.

Pesanan baru, komponen utama dari keseluruhan indeks, turun 6,2 poin bulan lalu menjadi 59. Sementara itu, harga naik 4,3 poin menjadi 58,7.

Saham A.S. memangkas keuntungan awal mereka pada data ISM, dengan Dow Jones Industrial Average sebentar turun ke wilayah negatif.

Laporan ISM juga mengikuti data pekerjaan yang lebih lemah dari yang diperkirakan dirilis pada hari sebelumnya. Payroll swasta meningkat 129.000 bulan lalu, jauh di bawah cetakan yang diharapkan dari 173.000, menurut ADP dan Moody’s Analytics. Laporan penggajian pribadi digunakan oleh investor sebagai pratinjau laporan pekerjaan bulanan A.S.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here