Emas Naik Sedikit Karena Laporan ADP Jobs AS Yang Buruk

507

(Vibiznews-Commodity) Harga emas dan perak sedikit menguat pada awal perdagangan sesi Amerika Serikat Rabu kemarin, setelah laporan ekonomi Amerika Serikat yang lebih lemah daripada yang diperkirakan.

Emas berjangka bulan Juni terakhir diperdagangkan naik $2.10 per ons pada $1,297.60. Perak Comex bulan Mei terakhir naik $0.029 pada $15.09 per ons.

Laporan “employment” nasional dari ADP untuk bulan Maret menunjukkan pertambahan 129.000 pekerjaan, yang adalah meleset turun secara signifikan. Angka “payrolls” diperkirakan naik 173.000. Laporan ini adalah penanda awal terhadap laporan pekerjaan yang lebih penting dari Departemen Tenaga Kerja yang akan keluar pada hari Jumat malam. Angka Non-Farm Payrolls di dalam laporan tersebut diperkirakan naik sebesar 175.000 pada bulan Maret, dengan tingkat pengangguran diperkirakan tetap berada pada 3.8%.

Indeks saham Asia dan Eropa menguat semalam. Indeks saham AS mengarah ke posisi yang lebih tinggi di ketinggian selama 5,5 bulan ketika sesi New York dimulai.

Sebegitu jauh minggu ini, para trader dan investor telah meningkatkan minat terhadap resiko yang mendorong naik pasar saham dunia, sebagian disebabkan karena optimisme AS dan Cina akan segera mencapai kesepakatan perdagangannya. Pembicaraan mengenai hal ini sedang berlangsung di Washington DC dimulai pada hari ini.

Harga emas berada di dalam teritori yang positip dan ada sedikit pergerakan setelah kenaikan “employment” di sektor swasta yang lebih lemah daripada yang diperkirakan, menurut data tenaga kerja terbaru dari ADP prosesor payrolls swasta.

ADP pada hari Rabu kemarin mengatakan bahwa 129.000 pekerjaan diciptakan pada bulan Maret, turun dari 183.000 pekerjaan yang diciptakan pada bulan Februari. Konsensus memperkirakan penambahan pekerjaan sebanyak 184.000.

Ricky Ferlianto/VBN/Managing Partner  Vibiz Consulting

Editor: Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here