EUR/USD Bangkit Dari Kerendahan Dekat 1.1200, Tapi Potensi Kenaikan Terbatas

376

(Vibiznews-Forex) Meskipun bangkit dari kerendahan hariannya, matauang bersama Eropa tetap diantara yang terlemah dan tidak jauh dari kerendahan tahunan terhadap dolar AS, dengan data Eropa yang suram dan risalah ECB yang konservatif memperbaharui keprihatinan tentang pertumbuhan ekonomi yang melambat.

Pasangan matauang EUR/USD  turun pada hari Kamis kemarin, menghabiskan hari diperdagangkan di dalam rentang 50pips yang ketat, ditengah kombinasi dari rilis data makro ekonomi yang sedikit dan sikap menunggu keluarnya laporan Nonfarm Payroll pada hari Jumat pagi ini.

Usaha naik kembali ditolak oleh para penjual ketika harga berada disekitar 1.1245, suatu level yang tidak berhasil ditembus sejak awal dari minggu ini. Dari sisi makro ekonomi, Order Faktori Jerman yang suram menahan kenaikan, dengan pada bulan Februari, penurunan adalah -4.2% MoM, jauh lebih buruk daripada yang diantisipasikan kenaikan sebesar 0.3%. Risalah pertemuan ECB yang terakhir tidak memberikan sesuatu yang baru namun mengingatkan minat orang-orang  yang spekulatif  akan perspektif ekonomi yang suram untuk pertumbuhan lokal.

AS merilis angka “employment” yang minor yang kebanyakan positip, antara lain klaim pengangguran awal untuk minggu yang berakhir pada tanggal 29 Maret dimana terjadi penurunan ke 202.000, level terendah di dalam hampir 5 dekade.

Secara tehnikal, apabila naik terus, pasangan matauang ini akan berhadapan dengan “resistance” terdekat di 1.1245 yang apabila berhasil ditembus akan bertemu dengan “resistance” berikutnya di 1.1280 dan pada akhirnya 1.1310.  Sebaliknya apabila turun kembali, akan berhadapan dengan “support” terdekat di 1.1175 yang apabila tertembus akan bertemu dengan “support” selanjutnya di 1.1130 dan akhirnya di 1.1085.

Ricky Ferlianto/VBN/Managing Partner  Vibiz Consulting

Editor: Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here