Survei ZEW Tinggikan Bursa DAX Jerman Dari Bursa Eropa Lainnya

489

(Vibiznews – Index) – Perdagangan bursa saham kawasan Eropa awal pekan hari Selasa (16/04)  dibuka  retreat dari posisi tinggi perdagangan sebelumnya oleh kehati-hatian  investor  menunggu berita terbaru laporan  pendapatan perusahaan AS. Diantara bursa utama, bursa saham Jerman yang bergerak untung lebih cepat merespon rilis data sentimen ekonomi ZEW.

Indeks Pan-Eropa Stoxx 600 menguat 0,23 persen setelah sempat dibuka flat menjadi 388,93 dengan bursa utama dan sektor menunjuk ke arah yang berlawanan. Indeks CAC 40 Prancis flat dan FTSE 100  naik 0,18 persen, dan indeks DAX Jerman sedang naik 0,62 persen.

Fokus pasar sebagian besar tertuju pada berita laporan  pendapatan perusahaan, dengan beberapa bank AS akan melaporkan pendapatan kuartal pertama mereka minggu ini setelah hasil kurang mengesankan dari Goldman Sachs dan Citigroup pada hari Senin. Bank of America, BlackRock, Johnson & Johnson dan Netflix adalah beberapa perusahaan besar yang akan merilis pendapatan malam ini.

Berita saham lokal,  saham pengecer Jerman Zalando naik ke puncak benchmark Eropa, naik 8% setelah perusahaan mengatakan akan memposting laba operasional untuk kuartal pertama. Lain halnya dengan saham  raksasa perekrutan Hays anjlok ke bagian bawah indeks meskipun membukukan kenaikan laba, saham yang terdaftar di London tersebut turun lebih dari 7%.

Rilis data ekonomi yang baru dirilis yaitu data  survei Sentimen Ekonomi ZEW untuk bulan April menunjukkan peningkatan indeks dari posisi -3,6 menjadi posisi 3,1. Data ini memberikan kekuatan penuh bagi indeks bursa saham Jerman.

Sebagai informasi perdagangan bursa Eropa sebelumnya berakhir lebih tinggi  karena investor mencerna laporan pendapatan kuartalan terbaru dan melacak berita tentang pembicaraan perdagangan AS-China. Indeks Pan  Eropa Stoxx 600 naik 0,2 persen dengan indeks DAX Jerman naik tipis 0,2 persen dan indeks CAC 40 Prancis bertambah 0,1 persen sementara FTSE 100  berakhir sedikit lebih rendah.

 

Jul Allens/ Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting  
Editor: Asido Situmorang 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here