EUR/USD Mengarah Turun Karena Perlambatan Ekonomi Jerman

405

(Vibiznews-Forex) Tingkah laku pasar yang serba mengambang pada permulaan minggu lalu mendapatkan kepastiannya pada hari Kamis minggu lalu, dengan keluarnya PMI preliminary Markit Uni Eropa untuk bulan April. Laporan ini mengindikasikan bahwa aktifitas bisnis bangkit dari keterpurukan bulan Maret, namun masih tidak cukup. Indeks sektor manufaktur Jerman tidak berhasil pulih dari kerendahan selama beberapa tahun dan tetap berada pada teritori kontraksi. Di negara lain, pemulihan sedikit memberikan semangat, walaupun masih jauh dari cukup untuk membuat ECB mempertimbangkan ulang kebutuhan untuk memberikan lebih banyak stimulus.

Pasangan matauang EUR/USD jatuh ke 1.1225 pada hari Kamis minggu lalu, dan ditutup pada akhir minggu lalu di 1.1246, beberapa pips diatas angka terakhir ini. Penurunan ini selanjutnya dipanaskan juga dengan keluarnya penjualan eceran AS bulan Maret yang jauh lebih besar daripada yang diperkirakan, suatu tanda dari konsumsi yang kuat. Data AS yang keluar minggu lalu menghalau hantu resesi, meskipun indeks Markit AS sedikit turun dibawah daripada yang diperkirakan pasar dengan aktifitas sektor swasta melambat ke kerendahan dua tahun, diseret kebanyakan oleh kelemahan pada sektor jasa di bulan Maret.

Pasar memulai minggu lalu dengan sentimen yang baik, didukung oleh data Cina yang positip, walaupun tidak berlanjut, sebagian disebabkan karena sikap berhati-hati secara keseluruhan menjelang data pada hari Kamis dan secara khusus dalam hal matauang bersama Eropa, karena laporan bulanan Bundesbank memberitahukan bahwa pertumbuhan ekonomi Jerman hanya naik sedikit pada kuartal pertama, dengan kecepatan ekspansi melemah.

Secara tehnikal, apabila turun lagi pasangan matauang ini akan berhadapan dengan “support” terdekat di 1.1175 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke 1.1100 dan akhirnya 1.1000. Sebaliknya apabila naik, maka akan berhadapan dengan “resistance” terdekat di 1.1280 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke 1.1340 dan akhirnya 1.1460.

Ricky Ferlianto/VBN/Managing Partner  Vibiz Consulting

Editor: Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here