EUR/USD Menyentuh Ketinggian Baru Disekitar 1.1260

297

(Vibiznews-Forex) Pemulihan EUR/USD dari kerendahan dekat 1.1235 nampaknya telah mendapatkan daya tarik pada perdagangan sesi Eropa kemarin, dengan kekuatan naik sekarang nampaknya mengambil kontrol kembali diatas penghalang 1.1250 ditengah melemahnya dolar AS diseluruh tempat.

Pasangan matauang ini naik lebih lanjut selama perdagangan sesi Amerika Serikat meskipun bergerak dengan lambat dan mencapai puncaknya di 1.1261, mencapai level tertinggi sejak hari Kamis minggu lalu dan membukukan keuntungan untuk hari kedua berturut-turut, sekalipun masih jauh dari level hari Kamis minggu lalu ketika diperdagangkan dekat 1.1300 sebelum jatuh tajam setelah data ekonomi zona Euro yang lebih lemah daripada yang diperkirakan.

Pasangan matauang EUR/USD naik dalam perdagangan yang relative sepi pada hari Jumat minggu lalu dan mengambil kembali sebagian dari kejatuhan pada sesi sebelumnya ke dekat kerendahan dua minggu, dipicu oleh angka PMI manufaktur Jerman/ zona Euro yang mengecewakan. Kenaikannya, namun, kekurangan keyakinan “bullish” yang kuat ditengah kembalinya keprihatinan akan pertumbuhan di area Euro, walaupun tetap mendapatkan dukungan dari data pasar perumahan AS yang sedikit mengecewakan. Kenyataannya, “housing starts”  untuk bulan Maret turun 0.3% ke 1.139.000 per tahun sementara “building permits” jatuh 1.7% menjadi 1.269.000 per tahun.

Pasangan matauang ini akhirnya ditutup dengan sedikit kenaikan harian dan sekarang nampaknya telah stabil tepat dibawah pertengahan 1.1200 an. Pasangan matauang ini bergerak di dalam rentang perdagangan yang sempit selama sesi Asia pada hari Senin dan dengan kebanyakan pasar utama Eropa masih tutup karena memperingati hari Raya Paskah, aktifitas perdagangan diperkirakan tetap tenang. Selanjutnya pada sesi Amerika Utara, satu-satunya rilis data “existing home sales” dari AS yang diamati sebagai kesempatan untuk perdagangan jangka pendek. Data ekonomi dari AS ternyata tidak memberikan dampak apa-apa, hanya DXY turun 0.10% di 97.25

Secara tehnikal, apabila naik lagi, maka akan berhadapan dengan “resistance” terdekat di 1.1275 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke 1.1.300. Sebaliknya apabila turun akan berhadapan dengan “support” terdekat di 1.1200 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke 1.1175.

Ricky Ferlianto/VBN/Managing Partner  Vibiz Consulting

Editor: Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here