GBP/USD Bergerak Di sekitar Garis Dekat 1.3000

282

(Vibiznews-Forex) Pasangan matauang GBP/USD kekurangan kepastian arah dan naik-turun disekitar batas psikologis 1.30 ditengah kondisi likuiditas yang tipis karena liburan pada hari Jumat minggu lalu. Ditengah absennya berita-berita Brexit yang baru, pasangan matauang ini terlihat konsolidasi dalam penurunan belakangan ini ke dekat kerendahan tiga minggu. Pergerakan harga dolar AS yang lemah, ditambah dengan data pasar perumahan Amerika Serikat yang mengecewakan juga hanya memberikan sedikit dorongan yang berarti, meskipun membantu mempertahankan “support” yang kuat di 1.2970.

Di dalam perkembangan politik Inggris yang terbaru, berita pada akhir minggu menunjukkan bahwa PM May bisa menghadapi pemungutan suara “no-confidence” lagi menjelang pemilihan Eropa yang akan datang dan bahwa partai oposisi Buruh sedang membawa usulan referendum Brexit yang lain sebagai nilai jual di dalam pemilihan Uni Eropa. Kedua berita tersebut selanjutnya memberikan api kepada pesimisme mengenai Brexit belakangan ini dan membebani Poundsterling Inggris pada permulaan minggu perdagangan yang baru, walaupun hanya sedikit memicu aksi jual yang agresif.

Dengan mayoritas pasar global tutup karena merayakan hari raya Paskah, para trader nampaknya enggan untuk bertaruh secara agresif dan menunggu katalisator yang baru. Tidak ada rilis data makro ekonomi yang relevan yang diskedulkan untuk dirilis Inggris untuk beberapa hari ke depan dan sampai parlemen Inggris kembali dari liburan Paskahnya pada tanggal 23 April, pasangan matauang ini kemungkinan akan terus bergerak “sideways”.  Sementara itu rilis data penjualan “existing home” dari AS yang dinantikan sebagai dorongan trading jangka pendek ternyata tidak memberikan dampak apa-apa, hanya DXY turun 0.10% di 97.25.

Secara tehnikal, apabila turun pasangan matauang ini akan berhadapan denan “support” terdekat di 1.2900 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke 1.2800 dan akhirnya ke 1.12775. Sebaliknya apabila naik akan berhadapan dengan “resistance” terdekat di 1.3060 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke 1.3100 dan akhirnya ke 1.3150.

Ricky Ferlianto/VBN/Managing Partner  Vibiz Consulting

Editor: Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here