Harga Kopi Arabika Naik Disaat Kopi Robusta Tidak Dijual

331

(Vibiznews – Commodity) – Harga kopi Arabika berjangka di bursa komoditas internasional New York pada penutupan perdagangan Selasa (23/04) melanjutkan rebound kuat akhir pekan lalu hingga mencapai posisi tertinggi 1 pekan.  Untuk kopi Robusta berjangka tidak diperdagangkan karena bursa ICE London libur paskah.

Posisi harga kopi yang meningkat masih dipicu oleh aksi bargain hunting lanjutan setelah pekan lalu sempat anjlok ke posisi  terendah 14-1/2 tahun oleh pasokan global yang melimpah  setelah Organisasi Kopi Internasional (ICO) pada 4 April menaikkan perkiraan surplus kopi global 2018/19 menjadi 3,1 juta kantong dari perkiraan sebelumnya sebesar 2,29 juta kantong. Persediaan saat ini kuat karena persediaan kopi yang dipantau ICE sedikit di bawah tinggi 4-3/4 tahun 2,503 juta tas dari 25 Maret.

Laporan kemarin dari Somar Meteorologia adalah bearish karena menunjukkan bahwa curah hujan di Minas Gerais, kopi arabika terbesar di Brazil tumbuh wilayah, adalah 44,2 mm dalam seminggu terakhir atau 388% dari rata-rata historis.

Harga kopi arabika untuk kontrak paling besar yaitu Mei 2019 bursa New York  ditutup meningkat  0,90 poin atau 1,00 persen  dari posisi perdagangan sebelumnya pada posisi $91.10 per lb.

Harga kopi robusta dapat naik ketika dibuka kembali oleh aksi bargain hunting.  Faktor positif untuk kopi robusta adalah data Rabu lalu dari Departemen Umum Bea Cukai Vietnam yang menunjukkan ekspor kopi Jan-Mar Vietnam turun 13,3% y/y menjadi 488.648 MT. Faktor pendukung untuk kopi arabika adalah ramalan Marex Spectron Jumat lalu bahwa pasar kopi global 2019/20 akan meluncur ke defisit  1,6 juta kantong dari surplus kantong 8,0 juta di 2018/19.

Untuk perdagangan selanjutnya hingga akhir sesi Amerika esok hari, analis Vibiz Research Center memperkirakan harga kopi arabika retreat oleh meningkatnya pasokan global serta curah hujan yang dilaporkan Somar Meteorologia.

 

Jul Allens/ Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting  
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here