GBP/USD Kehilangan Keuntungannya Ditengah Tidak Adanya Kemajuan Brexit

295

(Vibiznews-Forex) dipedagangkan diatas 1.2920, turun dari ketinggian sebelumnya. USD mengalami aksi jual meskipun muncul laporan GDP AS yang bagus pada hari Jumat minggu lalu. Pemerintah Inggris berkeinginan untuk menyelesaikan pembicaraan lintas partai, namun tidak ada kemajuan yang terlihat.

GDP/USD diperdagangkan dipertengahan 1.2900 an, melanjutkan keuntungan dengan kenaikan dari kerendahan selama dua bulan di 1.2868 yang terlihat pada minggu lalu. Penggerak utamanya adalah kelemahan dolar AS. “Greeenback” terus mengalami “jual fakta” dari laporan GDP yang bagus pada hari Jumat minggu lalu.

Ekonomi AS bertumbuh dengan kecepatan 3.2% pertahun, jauh diatas daripada yang diperkirakan dan untuk kuartal yang biasanya mengalami pertumbuhan yang lambat. Di pihak lain, inflasi cukup rendah. Ekspektasi yang tinggi adalah alasan dari kejatuhan. Dolar AS bergerak naik setelah data yang bagus pada hari Kamis minggu lalu dan pasar mengambil untung dalam hal klasik “beli rumor, jual fakta” sebagai responnya.

PCE Price Index inti AS, yang merupakan ukuran yang dipilih oleh the Fed, untuk bulan Maret mengecewakan dengan 1.6% YoY, lebih rendah daripada yang diperkirakan 1.7%.  Data ini dirilis langsung dua bulan bersamaan sebagai akibat dari penghentian operasi pemerintah . Pada bulanMaret Personal Income bertambah sedikit 0.1% setelah kenaikan 0.2% sebelumnya. Personal Spending naik 0.9% pada bulan Maret, setelah sedikit kenaikan 0.1% pada bulan Februari. Angka yang lebih relevan lagi PCE price index inti naik 1.6% YoY pada bulan Maret, angka yang mengecewakan namun tidak cukup membuat dolar AS turun.

Di Inggris, pembicaraan Brexit diantara kedua partai utama tidak mengalami kemajuan apa-apa. Partai Konservatif dari PM Theresa May kelihatannya akan mengalami kerugian yang substansial di dalam pemilihan parlemen Eropa dan akan berusaha untuk menghindarinya. Namun, jika ia membuat konsesi dengan partai oposisi Buruh, ia bisa membangkitkan kemarahan dari faksi pro-Brexit di partainya.

Pemilihan akan berlangsung pada tanggal 26 Mei dan Inggris kemungkinan akan berpartisipasi. Keluarnya Inggris dari Brexit sekarang adalah tanggal 31 Oktober. Setiap berita pembicaraan yang dilaporkan sedang ditepi keruntuhan pada minggu lalu menarik perhatian.

Secara tehnikal, kenaikan lebih lanjut dari pasangan matauang ini akan berhadapan dengan “resistance” terdekat di 1.3025 yang apabila berhasil ditembus akan bertemu dengan “resistance” berikutnya di 1.3140 dan akhirnya di 1.3270. Sebaliknya penurunan dari pasangan matauang ini akan berhadapan dengan “support” terdekat di 1.2920 yang apabila berhasil ditembus akan bertemu dengan “support” berikutnya di 1.2830 dan akhirnya 1.2775.

Ricky Ferlianto/VBN/Managing Partner  Vibiz Consulting

Editor: Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here