Harga Emas Turun Menjelang Minggu Perdagangan Yang Sibuk

378

(Vibiznews-Commodity) Harga emas dan perak membukukan kerugian yang moderat pada awal perdagangan sesi Amerika Serikat hari Senin kemarin. Metal berharga sedang mengalami tarikan koreksi setelah membukukan keuntungan yang besar pada hari Jumat minggu lalu yang menghasilkan penutupan yang tinggi secara mingguan yang “bullish” secara tehnikal.

Emas berjangka bulan Juni, terakhir turun $5.20 per ons pada $1,283.50. Perak Comex bulan Mei terakhir turun $0.095 pada $14.91 per ons.

Indeks saham Asia dan Eropa diperdagangkan bercampur di dalam rentang perdagangan yang sempit dan lebih sepi semalam. Indeks saham Amerika Serikat mengarah bercampur pada saat pembukaan perdagangan sesi New York dimulai.

Sampai sekarang masih sedikit aktifitas geopolitik yang mempengaruhi pasar dunia, membuat lingkungan perdagangan yang lebih sepi dan lebih tenang secara umum, yang adalah negatif buat harga emas dan perak yang “safe-haven”.

Indeks saham AS pada minggu lalu menyentuh rekor ketinggian beberapa bulan ditengah dirilisnya aporan-laporan penghasilan perusahaan yang bagus-bagus.

Pada minggu ini emas akan memasuki minggu perdagangan yang sibuk dengan meningkatnya kecepatan rilis data ekonomi Amerika Serikat, termasuk pertemuan Federal Open Market Committee (FOMC) yang dimulai sejak hari Selasa siang dan akan berakhir pada hari Rabu malam dengan pernyataan dan konferensi pers dari Gubernur Fed Jerome Powell. Diperkirakan tidak akan ada perubahan di dalam kebijakan moneter AS pada pertemuan ini.

Laporan-laporan penghasilan perusahaan Amerika Serikat juga akan terus di rilis pada minggu ini.

Hal kunci diluar pasar kemarin adalah indeks dolar AS yang diperdagangkan naik sedikit setelah menyentuh ketinggian selama dua tahun pada hari Jumat minggu lalu. Sementara harga minyak mentah Nymex turun sedikit karena aksi ambil untung setelah menyentuh ketinggian enam bulan pada minggu yang lalu.

Secara tehnikal, obyektif kenaikan harga emas selanjutnya adalah menembus “resistance” yang solid di $1,300.00 setelah melewati $1,290.90. Sedangkan obyektif penurunan harga emas selanjutnya adalah menembus “support” yang solid di $1,250.00 setelah melewati $1,275.00 dan kemudian $1,270.00.

Ricky Ferlianto/VBN/Managing Partner  Vibiz Consulting

Editor: Asido

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here