GBP/USD Diperdagangkan Diatas 1.3000 Setelah Pesan BOE Yang Seimbang

433

(Vibiznews-Forex) GBP/USD diperdagangkan dibawah 1.3050 setelah BOE tetap mempertahankan kebijakannya tidak berubah, dan tetap optimis meskipun menghadapi ketidakpastian. Pembicaraan Brexit yang lintas partai kembali menjadi fokus.

Apakah pembicaraan lintas partai akan memberikan kesepakatan mengenai Brexit? Ini adalah pertanyaan kunci bagi para trader Poundsterling. Times of London mengatakan bahwa PM Inggris Theresa May sedang mendekati kepada kompromi yang substansial dengan Partai Buruh mengenai topik yang bermasalah “Custom Union”. Jika partai-partai utama Inggris setuju akan Brexit yang lebih mulus, Sterling memiliki ruangan untuk rally.

Sementara menunggu perkembangan lintas partai, GBP/USD berada ditangan para bank sentral dan level tehnikal. Ada 3 faktor yang membuat pasangan matauang ini mengarah turun yaitu:

  • Keputusan dari the Fed yang tidak terlalu “dovish”

Federal Reserve AS dan Gubernurnya Jerome Powell tidak mendekat kepada pemotongan tingkat bunga. Sementara bank sentral AS ini mengakui turunnya inflasi, mereka melihat sebagai “temporer” dan puas dengan pertumbuhan ekonomi internal, employment dan perbaikan yang meluas sampai ke luar negeri.

Pesan yang meyakinkan dari Powell dan pengulangan mengenai sikap sabar atas tingkat bunga mendorong naik dolar AS.

  • BOE tidak mendekati kenaikan tingkat bunga

Bank of England ingin menaikkan tingkat bunga dengan kenaikan upah bisa bertranslasi menjadi naiknya inflasi dan dengan pinjaman kredit tetap terlalu murah. Namun, ketidakpastian mengenai Brexit, meskipun telah ditunda, melumpuhkan BOE.

  • Kondisi “overbought” mengarah kepada penurunan.

Ricky Ferlianto/VBN/Managing Partner  Vibiz Consulting

Editor: Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here