Rekor Tinggi Saham Adidas Sumbang Keuntungan Bursa Eropa

1251

(Vibiznews – Index) – Perdagangan bursa saham kawasan Eropa  memulai sesi akhir pekan di hari Jumat (03/05) bergerak  sedikit lebih tinggi  karena investor mencerna data lain dari laporan pendapatan perusahaan di tengah fokus pasar utama menanti data kinerja pasar tenaga kerja  AS.

Indeks Pan-European Stoxx 600 naik sekitar 1,59 poin atau 0,41 persen, dengan sebagian besar sektor dan bursa utama masuk zona hijau. Indeks Indeks FTSE 100 menguat 0,79 persen, dan indeks DAX Jerman menguat 0,44 persen, namun indeks CAC 40 Prancis menguat 0,30 persen,

Secara sektoral, sektor barang pribadi dan rumah tangga Eropa memimpin kenaikan  hampir 1%. Saham Adidas Jerman melonjak lebih dari 7% hingga mencapai rekor tertinggi baru setelah perusahaan merek olahraga tersebut melaporkan kenaikan 17% pada laba bersih kuartal pertama.

Di bursa Perancis, saham Societe Generale melonjak 2 persen  setelah bank terbesar ketiga di Prancis tersebut mengatakan rencana restrukturisasi  diluncurkan setelah kehancuran pasar dalam tiga bulan terakhir tahun 2018  mulai berbuah. Namun, kreditur melaporkan penurunan laba kuartal pertama 26% bila dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya.

Sedangkan di bursa Inggris, saham raksasa perbankan HSBC naik 2% setelah melaporkan laba sebelum pajak  pada kuartal pertama $ 6,213 miliar, naik 30,7% dari tahun lalu $ 4,755 miliar.

Kekuatan bursa Eropa sore ini juga ditopang oleh rilis data estimasi inflasi kawasan Euro meningkat melebihi ekspektasi dan periode sebelumnya. Namun dibayangi oleh data PPI yang lebih rendah dari bulan sebelumnya.  Kemudian di Inggris data service PMI dirilis lebih kuat dari periode sebelumnya yang kontraksi.

Sebagai informasi, perdagangan bursa Eropa sebelumnya sebagian besar lebih rendah  setelah data mengecewakan dari zona euro dan keputusan suku bunga Bank of England. Indeks Pan Eropa Stoxx 600 menyerah 0,6 persen dengan indeks DAX Jerman berakhir sedikit lebih tinggi, sementara indeks CAC 40 Perancis turun 0,9 persen dan FTSE 100  menurun setengah persen.

 

Jul Allens/ Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting  
Editor: Asido Situmorang 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here