Harga Minyak Turun Merespon Ketegangan Perdagangan AS-China

423

(Vibiznews – Commodity)  Harga minyak turun pada Selasa (07/05) karena keraguan baru atas perundingan perdagangan AS-China memicu kegelisahan atas pertumbuhan global, tetapi kerugian diperlambat oleh penyebaran militer A.S. ke Teluk untuk menghalangi Iran.

Harga minyak mentah berjangka West Texas Intermediate AS berada di $ 61,43 per barel, turun 82 sen atau 1,32 persen.

Harga minyak mentah berjangka Brent berada di $ 70,20 per barel, turun $ 1,00 atau1,40 persen.

Presiden AS Donald Trump mengatakan pada hari Minggu bahwa ia akan menaikkan tarif barang-barang China senilai $ 200 miliar dari 10 menjadi 25 persen pada hari Jumat, komentar yang menyeret turun pasar saham Asia dan AS.

Di sisi penawaran, pasar minyak tetap ketat karena Amerika Serikat telah memperketat sanksi terhadap ekspor minyak Iran dan berencana untuk meningkatkan kekuatannya di kawasan pengekspor minyak utama dunia.

Pejabat A.S. pada hari Minggu mengumumkan bahwa pergerakan kelompok pemogokan pembawa kapal induk Lincoln Lincoln dan satuan tugas pembom ke Timur Tengah dimaksudkan untuk melawan “ancaman yang dapat dipercaya”, tetapi Teheran menolak tindakan itu sebagai “perang psikologis”.

Sanksi A.S. telah mengurangi separuh ekspor minyak mentah Iran selama setahun terakhir menjadi di bawah 1 juta barel per hari (bph), dan pengiriman ke pelanggan diperkirakan turun ke level 500.000 bph pada Mei karena sanksi diperketat.

Washington juga telah menjatuhkan sanksi pada ekspor minyak dari Venezuela, anggota pendiri Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan harga minyak mentah berpotensi lemah dengan meningkatnya kembali ketegangan perang dagang AS-China. Harga minyak AS diperkirakan bergerak dalam kisaran Support $ 60,90-$ 60,40, dan jika harga naik akan bergerak dalam kisaran Resistance $ 61,90-$ 62,40.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here