EUR/USD Sedang Menunggu Trump

484

(Vibiznews-Forex) Akankah Amerika Serikat mengenakan tarif baru terhadap Cina? Jawaban atas pertanyaan ini adalah kritikal terhadap pergerakan berikutnya dari EUR/USD. Dan banyak tergantung kepada tweets dari Gedung Putih. Krisis di dalam pembicaraan antara dua negara dengan perekonomian terbesar di dunia ini membebani pasar saham namun matauang dunia yang paling popular sedang menunggu untuk lebih banyak berita untuk bereaksi.

Cina akan mengirimkan delegasi level tinggi ke Amerika Serikat pada hari Kamis di dalam ronde yang baru dari pembicaraan, Pertemuan pejabat yang resmi pertama sejak Presiden Donald Trump mempersalahkan Cina karena mengubah komitmen sebelumnya mengenai perdagangan. Pemerintah Trump sedang bersiap-siap untuk mengenakan seperangkat tarif terhadap Cina paling lambat hariJumat dalam usaha untuk menambah lebih banyak tekanan.

Federal Reserve nampaknya tidak kuatir. Wakil Gubernur Fed Richard Clarida berpegang erat kepada naskah yang ada dengan mengulangi bahwa tidak ada hal yang membuat harus buru-buru untuk memangkas tingkat bunga dan bahwa ekonomi AS “sedang berada pada tempat yang bagus”.

Sementara saham global jatuh dan Yen yang “safe-haven” sedang naik, euro berhasil mempertahankan pijakannya. Matauang bersama Eropa ini sebagian menikmati kabar baik dari Jerman sebelumnya pada hari kemarin. Lokomotif di benua Eropa ini melaporkan ekspansi sebesar 0.5% di dalam output industrinya pada bulan Maret, lebih baik daripada yang diperkirakan. Berita baik ini memberikan ketenangan setelah Uni Eropa memangkas perkiraan pertumbuhannya pada hari Selas.

Pada malam ini, ECB mempublikasikan risalah pertemuan dari keputusan tingkat bunga yang terbaru, yang berpihak kepada kelompok “dovish”. Dan Presiden Mario Draghi berbicara pada event di Frankfurt. Namun secara keseluruhan, penggerak pasar pada hari ini adalah perkembangan di dalam pembicaraan perdagangan AS dengan Cina yang akan menggerakkan sentimen pasar.

Secara tehnikal, apabila naik, EUR/USD akan berhadapan dengan “resistance” terdekat di 1.1220 yang apabila tertembus akan lanjut ke 1.1265 dan akhirnya 1.1280. Sebaliknya apabila turun, pasangan matauang ini akan berhadapan dengan “support” terdekat di 1.1165 yang apabila berhasil ditembus akan lanjut ke 1.1135 dan kemudian 1.1110, level terendah yang terlihat pada tahun ini.

Ricky Ferlianto/VBN/Managing Partner  Vibiz Consulting

Editor: Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here