Harga Minyaknya Amerika di Pasar Asia Kurang Laku Dibandingkan Minyak Brent

490

(Vibiznews-Commodity) – Harga minyak mentah yang diperdagangkan pada sesi Asia hari Senin (13/05)  bergerak  bervariasi dengan harga minyak mentah AS melemah, karena investor cemas atas prospek pertumbuhan ekonomi global di tengah kebuntuan dalam pembicaraan perdagangan AS-China.

Harga minyak berjangka Amerika atau  West Texas Intermediate (WTI)  berada di $61,74 per barel, yang turun 3 sen atau 0,1%  dari penutupan perdagangan sebelumnya. Namun minyak mentah berjangka acuan internasional atau minyak Brent  naik 22 sen atau 0,31% berada di $70,73 per barel.

Konflik perdagangan antara dua ekonomi utama dunia meningkat pada hari Jumat, dengan Amerika Serikat menaikkan tarif barang-barang China senilai $200 miliar setelah Presiden Donald Trump mengatakan Beijing  melanggar kesepakatan  dengan mengingkari komitmen sebelumnya yang dibuat selama berbulan-bulan negosiasi.

EIA pekan lalu melaporkan Amerika Serikat dan China bersama-sama menyumbang 34% dari konsumsi minyak global pada kuartal pertama 2019. Namun tensi perang perdagangan AS-Cina akan meningkat dan membatasi kenaikan harga.

Secara terpisah, perusahaan jasa energi General Electric Co Baker Hughes melaporkan  perusahaan energi AS minggu lalu mengurangi jumlah rig minyak yang beroperasi untuk ketiga kalinya dalam empat minggu. Perusahaan tersebut  memotong dua rig minyak dalam seminggu hingga 10 Mei, sehingga jumlah totalnya turun menjadi 805.

Hitungan rig telah menurun selama lima bulan terakhir karena perusahaan eksplorasi dan produksi independen memangkas pengeluaran untuk pengeboran baru mereka.

Untuk perdagangan selanjutnya, analyst Vibiz Research Center memperkirakan harga minyak WTI selanjutnya dapat turun ke posisi support di 61.23 – 60.68. Namun jika terjadi pergerakan sebaliknya akan kembali mendaki  ke resisten 62.20 – 63.50.

 

Jul Allens/ Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting  
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here