Emas Mendapatkan Permintaan Safe Haven Dengan Turunnya Pasar Saham

342

(Vibiznews-Forex) Harga emas mengalami kenaikan solid pada pertengahan perdagangan sesi Amerika Serikat hari Senin kemarin. Harga emas mendekati ketinggian harian dan menyentuh ketinggian selama empat minggu diatas level kunci $1,300.00 karena permintaan “safe-haven” dengan pasar saham AS mengalami kerugian terburuk dalam tahun 2019 dan terus mengalami tekanan turun pada minggu lalu.

Emas berjangka bulan Juni terakhir naik $13.80 per ons pada $1,301.20. Perak Comex bulan Juli terakhir turun $0.01 pada $14.78 per ons.

Pasar saham dunia juga kebanyakan turun semalam. Kegagalan AS dan Cina untuk mencapai kesepakatan perdagangan pada akhir minggu lalu dan penerapan tarif baru oleh AS termasuk pembalasan dari Cina yang diumumkan pada hari kemarin, membuat pasar berada di dalam atmosfir yang kalah memulai minggu perdagangan yang baru. Meskipun demikian. para pejabat perdagangan dari kedua negara akan terus berbicara. Meningkatnya keenggan untuk beresiko di pasar secara umum bekerja mendatangkan kebaikan bagi pasar metal “safe-haven”.

Pasar sebegitu jauh tidak terpengaruh secara signifikan dengan berita bahwa dua kapal minyak Arab Saudi diserang di Strait Humuz pada akhir minggu lalu. Penyerangnya tidak dikenal. Namun, ketegangan antara AS dan Iran meningkat pada minggu-minggu belakangan ini, dengan sebagian berspekulasi Iran kemungkinan berada dibelakang penyerangan pada akhir minggu tersebut.

Hal kunci diluar pasar kemarin indeks dolar AS sedikit turun. Sementara itu, harga minyak mentah Nymex turun dan diperdagangkan disekitar $61.00 per barel.

Secara tehnikal, obyektif kenaikan harga emas selanjutnya adalah menembus “resistance” yang solid di $1,314.70 setelah melewati $1,310.00. Sedangkan obyektif penurunan harga emas adalah menembus “support” yang solid di $1,267.30 setelah melewati $1,290.00 dan kemudian $1,282.40.

Ricky Ferlianto/VBN/Managing Partner  Vibiz Consulting

Editor: Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here