Optimisme Bisnis Jerman Bulan Mei Menurun

638

(Vibiznews – Economy & Business) Optimisme di antara para pemimpin perusahaan Jerman terus melemah setelah indeks iklim bisnis dari Institute for Economic Research (Ifo) turun dari 99,2 menjadi 97,9 poin pada bulan Mei, demikian rilis pada hari Kamis (23/05).

Pada 97,9 poin di bulan Mei, nilai indeks Ifo telah mencapai level terendah sejak akhir 2014, menurut lembaga Jerman.

Secara khusus, penilaian situasi ekonomi Jerman saat ini di 100,6 poin secara signifikan lebih buruk daripada di bulan sebelumnya ketika berdiri di 103,4 poin.

Ekspektasi bisnis Jerman untuk enam bulan ke depan tetap konstan pada 95,3 poin, menurut Ifo.

Namun di sektor jasa Jerman, iklim bisnis telah mengalami kemunduran yang signifikan, turun menjadi 20,9 poin pada Mei dibandingkan 26,4 poin pada bulan sebelumnya.

Indikator terakhir dalam industri jasa Jerman ini jatuh sangat tajam adalah pada bulan April 2013, lembaga ekonomi Jerman mengumumkan.

Menurut Ifo, indeks iklim bisnis untuk sektor perdagangan Jerman turun dari 7,1 poin pada April menjadi 5,4 poin pada Mei, yang disebabkan oleh perkembangan grosir.

Sebaliknya, pengecer Jerman jauh lebih puas dengan situasi mereka saat ini dan juga merevisi pandangan mereka untuk beberapa bulan mendatang ke atas.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here