Emas Mengabaikan Kejatuhan Didalam Order Durable Goods AS

715

(Vibiznews-Commodity) Harga emas hanya bereaksi sedikit terhadap rilis data terbaru yang menunjukkan order untuk barang-barang pabrik tahan lama jatuh 2.1% pada bulan April.

Order “durable goods” turun $248.4 miliar pada bulan lalu, yang adalah sedikit lebih daripada yang diperkirakan setelah revisi kenaikan 1.7% pada bulan Maret, menurut departemen perdagangan AS pada hari Jumat. Konsensus pasar mengatakan order durable goods akan turun 2%.

Sebagai respon terhadap data yang dirilis barusan ini, harga emas hanya sedikit bergerak dengan emas berjangka Comex bulan Juni terakhir diperdagangkan pada $1,283.50, turun 0.15% pada hari itu.

Penurunan bulanan pada order “durable goods” senilai $5.4 miliar dan sebagian besar dipimpin oleh kelemahan di dalam investasi binis dan peralatan transportasi.

Sementara itu “durable goods” inti, yang mengeluarkan sektor transportasi yang volatil, muncul di 0% pada bulan April setelah penurunan 0.5% pada bulan Maret. Sementara konsensus  memperkirakan kenaikan 0.2%.

Juga, kecepatan investasi bisnis setahun melambat ke 1.3% dari sebelumnya 3.8% pada bulan April.

Para ekonom menyoroti bahwa perincian dari laporan bahkan lebih buruk dibandingkan dengan angka umum yang lemah.

Ekonom Katherine Judge dari CIBC Capital mengatakan,”Order capital goods inti jatuh 0.9% sementara bulan lalu direvisi turun substansial (sekarang 0.3% vs 1.4% sebelumnya). Data pada hari ini menambah keyakinan di dalam perkiraan kami akan penurunan di dalam investasi bisnis pada kuartal kedua dan bisa membebani USD hari ini.”

Ricky Ferlianto/VBN/Managing Partner  Vibiz Consulting

Editor: Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here