Kerjasama AS-Jepang Ditunggu Pasar, Keuntungan Bursa Asia Terbagi

261
indeks kospi

(Vibiznews – Index) – Pergerakan indeks bursa saham utama kawasan Asia hari Senin  (27/05) terpantau bergerak mixed karena investor sedang memperhatikan perkembangan dari kunjungan kenegaraan Presiden AS Donald Trump ke Jepang serta hasil dari pemilihan parlemen Eropa.

Bursa saham China Daratan yang merah  sejak awal perdagangan, kini indeks komposit Shanghai menguat 0,26%, dan komposit Shenzhen naik 0,19%. Namun berbeda arah indeks Hang Seng bursa saham Hong Kong yang sedang turun 0,56%.

Di bursa saham Jepang, indeks Nikkei 225 kembali melanjutkan perdagangan yang kuat dengan kenaikan 0,43% yang mendapat kekuatan dari kenaikan saham indeks Fast Retailing. Selain itu juga didukung oleh kenaikan saham eksportir utama pasca pelemahan yen.

Di Korea Selatan, indeks Kospi menelusuri kembali beberapa kerugian sebelumnya yang kini  diperdagangkan turun 0,35%  denga tekanan kuat anjloknya saham-saham unggulan seperti saham Samsung Electronics, SK hynix dan juga saham Hyundai.

Sedangkan  di kawasan Pasifik terjadi pergerakan yang negatif baik oleh bursa saham  Australia  dan  juga New Zealand. Indeks ASX200 anjlok 0,04% oleh tekanan jual saham unggulan sektor tambang. Dan untuk perdagangan bursa saham New Zealand Indeks NZX 50 melemah 0,64%.

Sementara itu, Presiden AS  Trump melakukan kunjungan kenegaraan ke Jepang, di mana dia sebelumnya mengatakan Tokyo  memiliki keuntungan besar  atas Washington selama  bertahun-tahun. Presiden mengatakan Tokyo dan Washington  semakin dekat dengan kesepakatan yang akan mengatasi defisit perdagangan  AS.

Demikia untuk perdagangan bursa saham Indonesia di bursa Jakarta terpantau masih menguat, dengan indeks harga saham gabungan (IHSG) menguat 0,76 persen ke posisi 6103.44. Support kuat indeks dipicu oleh lonjakan  saham-saham unggulan sektor infrastruktur dan industri dasar.

 

Jul Allens/ Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting  
Editor: Asido Situmorang 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here