Saat Bursa Inggris Libur, Bursa Eropa Lainnya Cetak Untung

465

(Vibiznews – Index) – Memulai perdagangan saham awal pekan di bursa utama kawasan Eropa hari Senin (27/05), indeks bursa bergerak menguntungkan dengan posisi lebih tinggi dari perdagangan akhir pekan lalu yang ditutup mixed. Sentimen pasar dipengaruhi oleh hasil pemilu parlemen Uni Eropa dengan suara paling banyak pada partai-partai pro UE.

Indeks Pan Europe Stoxx 600 bergerak positif dengan kenaikan 0,28%, indeks
DAX Jerman naik sekitar 0,3% sementara CAC Prancis naik hampir 0,2%. MTS FTSE Italia melonjak 0,7%. Sedangkan bursa saham di Inggris ditutup karena hari libur umum.

Investor di Eropa sebagian besar akan fokus pada hasil pemilihan parlemen Uni Eropa yang menunjukkan penampilan  kuat untuk partai-partai Liberal dan Hijau, sementara  partai-partai pro-UE diperkirakan akan menjadi mayoritas parlemen, dengan memegang sekitar dua pertiga kursi.

Secara sektoral, sebagian besar berada di wilayah positif dengan sektor otomotif  naik 1,4%, yang mendapat dorongan dari berita bahwa Fiat Chrysler dan rival Prancis Renault sedang dalam pembicaraan merger. Renault melonjak 14% setelah Fiat mengkonfirmasi telah mengajukan proposal untuk merger dengan saingan Prancisnya. Saham   Fiat naik 10%.

Di tempat lain, ketegangan perdagangan AS -China terus menjadi titik fokus bagi investor. Namun miliarder pendiri raksasa telekomunikasi China Huawei,  mengatakan kepada media bahwa meskipun perang perdagangan Beijing yang memanas dengan AS, ia akan menentang setiap pembalasan Cina terhadap saingan utama Apple.

Sebagai informasi, perdagangan bursa Eropa akhir pekan lalu  menguat  karena kekhawatiran atas sengketa perdagangan AS dan China mereda dan Perdana Menteri Inggris Theresa May mengumumkan pengunduran dirinya sebagai pemimpin Konservatif menyusul reaksi terhadap perjanjian Brexit barunya. Indeks Pan  Eropa Stoxx 600 naik 0,6 persen. DAX Jerman naik setengah persen, sedangkan indeks CAC 40 Prancis dan FTSE 100  bertambah masing-masing sekitar 0,7 persen.

 

Jul Allens/ Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting  
Editor: Asido Situmorang 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here