Emas Naik Karena Tidak Ada Penyelesaian Pembicaraan Perdagangan AS-Cina Yang Telihat

290

(Vibiznews-Commodity) Emas menyentuh ketinggian lebih dari satu minggu pada hari Senin dengan ketegangan perdagangan diantara AS dengan Cina menaikkan minat terhadap assets yang dilihat sebagai “safe-haven” dari resiko, sementara data ekonomi AS yang lemah menaikkan harapan untuk pemotongan tingkat bunga dari Federal Reserve.

Emas spot naik setengah persen ke $1,285.34 per ons, bahkan sempat menyentuh $1,287.32 pada awal sesi, level tertinggi sejak 17 Mei.

Emas berjangka AS naik 0.1% pada $1,284.40 per ons. Pasar AS tutup karena liburan nasional.

Presiden AS Donald Trump berkata pada hari Senin bahwa dia belum siap untuk membuat kesepakatan dengan Cina, memberikan petunjuk bahwa Cina masih jauh dari kesepakatan perdagangan.

Warren Patterson analis dari ING mengatakan,”Sebagian komentar yang dibuat oleh Trump atas pembicaraan perdagangan dengan Cina tidak terlalu optimistik.

“Ketidakpastian yang berkelanjutan disekitar perdagangan membantu mendukung harga……ketidak pastian itu meningkatkan permintaan untuk assets safe-haven”.

Data manufaktur yang lembah ditambah dengan kejatuhan di dalam order baru barang-barang modal AS pada minggu lalu menyalakan kekuatiran bahwa konflik perdagangan kemungkinan memukul ekonomi negara dengan perekonomian terbesar di dunia ini, menaikkan ekspektasi dari para investor untuk pemotongan tingkat bunga AS.

Pada akhir minggu lalu, Trump kembali mengulangi keluhan bahwa kebijakan Fed telah menahan pertumbuhan ekonomi AS untuk dari mencapai potensi yang penuh.

Alfonso Esparza, analis pasar senior di QANDA memberikan catatan, “ kenaikan volatiitas yang dipicu oleh masalah geopolitik menguntungnkna metal kuning.”

“Jika pertempuran politik tingkat tinggi Inggris dan perdagangan AS-Cina membuat level ketidakpastian tinggi, emas bisa sekali lagi lompat ke atas $1,300.”

Emas kemungkinan akan menghadapi test “resistance” terdekat di $1,290 per ons, yang apabila berhasil ditembus bisa membawa ke “resistance”  berikutnya di $1295,

Apabila turun maka akan menghadapi test “support” terdekat di $1,282 yang apabila berhasil ditembus akan bertemu dengan “support” berikutnya di $1.277.52.

Ricky Ferlianto/VBN/Managing Partner  Vibiz Consulting

Editor: Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here