Bargain Hunting Untungkan Bursa Eropa, Saham Migas Paling Top

619

(Vibiznews – Index) – Bursa saham Eropa hari Kamis (30/05) dibuka dengan mayoritas indeks utama lebih tinggi oleh aksi bargain hunting pasar setelah perdagangan sebelumnya indeks pan-European Stoxx 600 mencapai titik terendah sejak 11 Maret karena meningkatnya eskalasi ketegangan dalam perang perdagangan AS-China.

Indeks pan-European Stoxx 600 menguat 0,3%  yang dipimpin oleh lonjakan saham  minyak dan gas hingga naik 1,2%, sementara saham utilitas adalah satu-satunya sektor yang dibuka di zona merah, turun 0,6%. Indeks DAX Jerman menguat sekitar 0,63% sementara indeks CAC Prancis mendaki 0,52% dan FTSE Inggris naik 0,44%.

Saham produsen mobil mewah Porsche  menguat 0,24% meskipun dilaporkan  jaksa penuntut Jerman telah menggerebek kantor perusahaan dalam penyelidikan dugaan penyalahgunaan dana perusahaan oleh eksekutif perusahaan.

Terkait perusahaan oto,motif, juga diberitakan CEO Nissan Hiroto Saikawa mengatakan dia melihat tidak ada kerugian besar dari usulan merger $35 miliar mitra aliansi Renault dengan Fiat Chrysler. Baik saham Renault dan Fiat Chhrysler dibuka negatif.

Sebuah jajak pendapat yang dilakukan di Jerman pada hari Rabu mengungkapkan bahwa sebagian besar orang Jerman tidak melihat pewaris Angela Merkel, Annegret Kramp-Karrenbauer mampu sebagai penggantinya.

Ada juga berita jajak pendapat Reuters juga menemukan bahwa investor saham tetap terhalang untuk meraup saham FTSE 100 yang murah sementara kepastian Inggris keluar dari Uni Eropa belum jelas.

Sebagai informasi, perdagangan bursa Eropa hari Rabu  jatuh  di tengah kemunduran dalam imbal hasil obligasi karena kekhawatiran AS dan perselisihan China dapat meningkat menjadi perang perdagangan penuh.  Indeks Pan Eropa Stoxx 600 jatuh 1,4 persen, indeks DAX Jerman kehilangan 1,6 persen, indeks CAC 40 Prancis turun 1,7 persen dan FTSE 100 turun 1,2 persen.

 

Jul Allens/ Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting  
Editor: Asido Situmorang 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here