Harga Emas Naik Dengan Goyahnya Pasar Saham

357

(Vibiznews-Commodity) Harga emas naik moderat pada awal perdagangan sesi AS hari Rabu kemarin. Harga perak naik sedikit setelah menyentuh kerendahan selama enam bulan pada hari Selasa. Pasar saham dunia sedang berada dalam tekanan jual pada pertengahan minggu ini, ditengah keprihatinan geopolitik yang memicu sebagian permintaan “safe-haven” untuk emas.

Emas berjangka bulan Juni terakhir naik $6.60 per ons pada $1,289.10. Harga perak Comex bulan Juli terakhir naik $0.04 pada $14.36 per ons.

Pasar saham dunia tertekan pada hari Rabu kemarin dengan kembalinya keengganan terhadap resiko menjadi penggerak pasar. Keprihatinan utama adalah berkepanjangannya perang dagang antara AS dengan Cina (negara dengan perekonomian kedua terbesar di dunia) yang tidak terlihat penyelesaiannya dan nampaknya malah bereskalasi. Indeks saham AS mengarah turun pada saat pembukaan perdagangan sesi New York dimulai.

Selain itu juga berita pada hari kemarin yang menakutkan bagi para trader Eropa adalah naiknya tingkat pengangguran Jerman secara tidak terduga pada bulan Mei. Tingkat pengangguran naik 60.000 dibandingkan dengan perkiraan penurunan sebanyak 8000 pekerja. Jerman adalah lokomotif ekonomi di Uni Eropa.

Ini adalah musim panas lagi dan waktunya bagi ketidakstabilan di Uni Eropa. Kali ini, keprihatinan muncul diantara orang Eropa dengan Itali dan Yunani menolak untuk terus mengikuti peraturan Uni Eropa mengenai disiplin fiskal. Dan Inggris kelihatannya tidak bisa menggambarkan bagaimana meninggalkan Uni Eropa dengan lancar.

Gambaran di pasar pada minggu ini adalah jatuhnya imbal hasil obligasi pemerintah, sebagian disebabkan oleh karena pembelian “flight to safety” ditengah meningkatnya penghindaran terhadap resiko diantara para trader dan investor. Semakin banyak pemerhati pasar yang berpikir tren naik yang panjang di saham telah berakhir. Jerman pada hari kemarin menjual instrumen hutang 5 tahun pada kerendahan imbal hasil yang mencapai rekornya di -0.56%.

Hal kunci diluar pasar adalah sedikit turunnya indeks dolar AS setelah kenaikan yang besar pada hari Selasa,  sementara harga minyak mentah Nymex turun dengan solid dan diperdagangkan sedikit dibawah $58.00 per barel.

Secara tehnikal, obyektif kenaikan harga emas adalah menembus “resistance” yang solid di $1,300.00 setelah melewati $1,292.60. Obyektif penurunan harga emas adalah menembus “support” yang solid di $1,273.20 setelah melewati $1,280.80 dan kemudian $1,274.60.

Ricky Ferlianto/VBN/Managing Partner  Vibiz Consulting

Editor: Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here