Singapura Menggeser AS Sebagai Negara Paling Kompetitif di Dunia; Indonesia Buat Lompatan Terbesar

516

(Vibiznews – Business) – Sebuah sekolah bisnis terkemuka yang berlokasi di Swiss, IMD, baru saja merilis riset tahunan tentang peringkat perekonomian paling kompetitif di dunia. Dari 65 negara yang disurvey, Singapura menduduki posisi pertama, menggeser Amerika Serikat, demikian dilansir dari Fox Business (30/05).

Sementara itu, Indonesia disebut melompat 11 tingkat untuk menduduki peringkat ke-32. Tercatat sebagai Negara yang melompat paling besar berkat perbaikan efisiensi di sektor pemerintah dan peningkatan infrastruktur.

Untuk pertama kalinya dalam sembilan tahun, Singapura menggantikan posisi A.S. sebagai ekonomi paling kompetitif di dunia. AS turun ke posisi ketiga dalam daftar, dipicu oleh naiknya harga bahan bakar, melemahnya ekspor teknologi, fluktuasi nilai dolar, serta memudarnya dampak dari reformasi pajak besar-besaran dari Presiden Trump. Sementara itu, Hong Kong, tetap di posisi kedua, dan China berada di peringkat keempat belas.

“Dalam ketidakpastian tinggi setahun terakhir di pasar global karena perubahan cepat dalam lanskap politik internasional serta relasi perdagangan, kualitas lembaga tampaknya menjadi unsur utama untuk meningkatkan kesejahteraan,” kata Arturo Bris, seorang profesor IMD dan direktur dari World Competitiveness Center, dalam sebuah pernyataannya.

Dalam menentukan hasilnya, studi ini memasukkan 235 indikator dari masing-masing 63 negara yang diperingkatkan, dengan memperhitungkan komponen statistik seperti pengangguran, PDB dan pengeluaran pemerintah untuk kesehatan dan pendidikan, serta masalah-masalah seperti kohesi sosial, korupsi dan globalisasi.

Kawasan Asia-Pasifik disebutkan sebagai penantang untuk tingkat daya saing, dengan 11 dari 14 ekonomi berhasil meningkatkan atau mempertahankan peringkat mereka, dipimpin oleh Hong Kong dan Singapura. Indonesia tercatat melonjak 11 tingkat ke peringkat ke-32 –lompatan peningkatan yang terbesar di kawasan ini, oleh membaiknya efisiensi di sektor pemerintah dan peningkatan infrastruktur.

Sebaliknya, daya saing di seluruh Eropa harus berjuang untuk menmpertahankan posisinya. Ketidakpastian Brexit telah mengirim Inggris turun tiga level, dari 20 ke 23. Kenaikan terbesar di wilayah ini adalah Irlandia, yang naik lima tempat ke posisi 7 seiring dengan membaiknya kondisi bisnis, demikian dilansir dari Fox Business (30/05).

Berikut ini daftar 20 ekonomi atau negara yang paling kompetitif di dunia, menurut IMD.

1. Singapura

2. Hong Kong SAR

3. Amerika Serikat

4. Swiss

5. Uni Emirat Arab

6. Belanda

7. Irlandia

8. Denmark

9. Swedia

10. Qatar

 

11. Norwegia

12. Luksemburg

13. Kanada

14. Cina

15. Finlandia

16. Taiwan

17. Jerman

18. Australia

19. Austria

20. Islandia

 

Analis Vibiz Research Center melihat adanya kembali pengakuan dunia terhadap perubahan dan perbaikan iklim bisnis dan investasi di Indonesia, sehingga dalam peringkat daya saing (competitiveness) ini melompat signifikan 11 tingkat. Banyaknya komponen, sampai 235 indikator, yang dinilai IMD menunjukkan penilaian yang sangat komprehensif, dan karenanya pemeringkatan ini pantas jadi acuan. Kita harapkan dalam beberapa tahun ke depan, posisi Indonesia akan terus masuk ke, setidaknya, jajaran 20 ekonomi terbaik.

 

Alfred Pakasi/VBN/MP Vibiz Consulting

Editor: Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here