Harga Kopi Robusta di Inggris Termahal 2 Bulan

463

(Vibiznews – Commodity) – Harga kopi Arabika berjangka di bursa komoditas internasional New York pada penutupan perdagangan Selasa (04/06) terjun dari posisi tertinggi 4 bulan. Namun untuk  harga kopi Robusta di bursa ICE London naik ke posisi tinggi 2 bulan.

Harga kopi Arabika di ICE New York terjun dari puncak tinggi 4 bulan  setelah Organisasi Kopi Internasional (ICO) melaporkan bahwa ekspor kopi global 2018/19 selama Oktober-April naik   4,4% y/y hingga 74 juta kantong. Namun awal sesi sempat bergerak naik tinggi oleh penguatan Real Brasil terhadap dolar AS ke level tertinggi 1-1/2 bulan.

Juga, Somar Meteorologia mengatakan bahwa hujan es dan kondisi berangin selama dua hari ke depan di Minas Gerais, wilayah penanaman kopi arabika terbesar di Brasil, dapat menghambat panen kopi dan menjatuhkan biji kopi dari pohon.

Untuk kenaikan tinggi harga kopi Robusta dipengaruhi laporan  berkurangnya ekspor kopi dari Vietnam, produsen biji kopi robusta terbesar di dunia, setelah  Kantor Statistik Umum Vietnam menunjukkan bahwa ekspor kopi Vietnam Jan-Mei turun -13,1% y/y menjadi 767.000 MT.

Harga kopi arabika untuk kontrak paling besar yaitu bulan Juli 2019 bursa New York  ditutup turun  0,85 poin atau 0,81% dari posisi perdagangan sebelumnya pada posisi $103.75 per lb.  Sedangkan harga kopi robusta kontrak bulan Juli di London ditutup naik 2  poin atau 0,14% dari perdagangan sebelumnya ke posisi 1.480 per lb.

Berita positif untuk harga kopi Arabika dari laporan  persediaan kopi yang dipantau oleh ICE turun ke level terendah 8 bulan 2,393 juta kantong pada hari Senin, turun dari posisi tinggi 4-3/4 bulan di bulan Maret 2,53 juta kantong.

Untuk perdagangan selanjutnya hingga akhir sesi Amerika esok hari, analis Vibiz Research Center memperkirakan harga kopi robusta  berpotensi turun lagi secara teknikal serta pengaruh laporan ICO diatas.

 

Jul Allens/ Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting  
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here