Harga Minyak Stabil; Sentimen Bearish Membayangi

859

(Vibiznews – Commodity) Harga minyak stabil pada hari Kamis (06/06) setelah jatuh ke posisi terendah hampir lima bulan di sesi sebelumnya, tetapi sentimen tetap lemah karena meningkatnya pasokan A.S. dan ekonomi global yang mandek.

Harga minyak mentah berjangka West Texas Intermediate AS turun 13 sen menjadi $ 51,55 per barel.

Harga minyak mentah berjangka Brent naik 22 sen menjadi $ 60,85 per barel.

Sehari sebelumnya kedua tolok ukur mencapai level terendah sejak pertengahan Januari di $ 59,45 dan $ 50,60, masing-masing, di tengah lonjakan persediaan minyak mentah AS dan rekor produksi.

Pada saat yang sama, tanda-tanda melambatnya aktivitas ekonomi global telah meningkat dalam beberapa bulan terakhir, dipicu oleh ketegangan perdagangan antara Amerika Serikat dan China, dua konsumen energi terbesar dunia.

Produksi minyak mentah AS naik ke rekor 12,4 juta barel per hari dalam seminggu hingga 31 Mei, Administrasi Informasi Energi mengatakan pada hari Rabu, peningkatan 1,63 juta barel per hari sejak Mei 2018.

Persediaan minyak mentah komersial AS melonjak 6,8 juta barel di minggu yang sama, menjadi 483,26 juta barel, tertinggi sejak Juli 2017.

Pasokan juga meningkat di luar Amerika Serikat. Produksi di lapangan Kashagan Kazakhstan mencapai rekor 400.000 barel per hari minggu ini setelah selesainya pemeliharaan pada Mei, sumber industri mengatakan kepada Reuters.

OPEC dan beberapa produsen non-OPEC termasuk Rusia, aliansi yang dikenal sebagai OPEC +, saat ini mengekang produksi untuk mendukung pasar.

Pertumbuhan yang lemah memberi tekanan pada prospek permintaan.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan harga minyak mentah masih berpotensi lemah dengan kekuatiran peningkatan pasokan AS dan perlambatan ekonomi. Harga minyak diperkirakan bergerak dalam kisaran Support $ 51,00-$ 50,50, dan jika harga naik akan bergerak dalam kisaran Resistance $ 52,00-$ 52,50.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here