Optimisme Turunnya Fed Rate Menambah Keuntungan Bursa Amerika

307

(Vibiznews – Index) – Setelah mendapat kekuatan dari perdagangan sebelumnya, bursa saham Amerika diakhir perdagangan Kamis (06/06) dini hari mencetak penguatan yang lumayan. Saham sempat berfluktuasi di awal sesi, kemudian bergerak lebih tinggi hingga akhir perdagangan.

Indeks  Dow Jones melonjak 207,39 poin atau 0,8 persen menjadi 25.539,57, indeks Nasdaq naik 48,36 poin atau 0,6 persen menjadi 7.575,48 dan indeks S&P 500 naik 22,88 poin atau 0,8 persen menjadi 2.826,15.

Secara sektoral, utilitas yang sensitif terhadap suku bunga dan saham real estat komersial menghasilkan beberapa kinerja terbaik pasar di tengah optimisme tentang penurunan suku bunga di masa depan. Hingga membuat  Dow Jones Utility Average dan Dow Jones A. Real Estat Index keduanya naik 2,1 persen.

Saham perangkat lunak dan jaringan juga memperpanjang rebound yang terlihat di sesi sebelumnya, mendorong Dow Jones A.S. Software Index dan NYSE Arca Networking Index naik masing-masing sebesar 1,9 persen dan 1,3 persen.

Namun saham sektor  energi alami pelemahan signifikan pada hari itu dengan NYSE Arca Oil and Gas Index anjlok 1,36 persen, yang disebabkan oleh penurunan tajam  harga minyak mentah yang membebani sektor ini.

Keuntungan mayoritas saham mendapat sentimen positif dari optimisme tentang potensi penurunan suku bunga setelah Ketua Federal Reserve Jerome Powell berjanji untuk mempertahankan ekspansi ekonomi AS. Mengutip ketidakpastian seputar negosiasi perdagangan dan hal-hal lain, Powell mengatakan dalam pidatonya pada hari Selasa menyatakan bahwa bank sentral akan bertindak  sebagaimana mestinya  untuk mendukung perekonomian.

Komentar Powell secara luas dilihat sebagai indikasi The Fed siap untuk membahas menurunkan suku bunga jika meningkatnya perselisihan perdagangan global membebani pertumbuhan ekonomi.

Harapan tersebut diperkuat oleh laporan dari prosesor penggajian ADP menunjukkan pertumbuhan pekerjaan sektor swasta yang jauh lebih lemah dari yang diharapkan pada Mei menghasilkan beberapa sentimen negatif tetapi kemudian dilihat sebagai menambah kasus penurunan suku bunga. ADP laporkan pekerjaan sektor swasta naik 27.000 pekerjaan pada Mei setelah melonjak oleh 271.000 pekerjaan yang direvisi turun pada April.

Rilis data lainnya Beige Book Fed diabaikan karena laporan tersebut  mengatakan aktivitas ekonomi di AS meluas dengan kecepatan sedang secara keseluruhan dari April hingga pertengahan Mei.

 

 

Jul Allens/ Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting  
Editor: Asido Situmorang 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here