Saham Otomotif Eropa Sedang Rugi, Bursa Eropa Tetap Kuat

445

(Vibiznews – Index) –  Saham-saham di bursa Eropa perdagangan hari Kamis (06/06) masih bergerak lebih tinggi  karena sentimen investor bersiap untuk keputusan terbaru dari kebijakan moneter Bank Sentral Eropa beberapa saat lagi.

Indeks Pan-European Stoxx 600 menguat 0,6% dengan saham sektor bahan kimia melonjak dengan kenaikan 1,4%.  Indeks DAX Jerman naik 0,54% sementara indeks CAC Prancis menguat 0,60% dan FTSE Inggris mendaki 0,63%. Namun hanya sektor otomotif  dan telekomunikasi yang diperdagangkan pada zona merah.

Seperti saham Renault anjlok  7,4%  setelah Fiat Chrysler menolak tawaran $35 miliar kerjsama untuk produsen mobil Perancis. Sementara itu Valmet Corporation, pemasok teknologi Finlandia untuk industri pulp, kertas dan energi, alami kenaikan 4,1%.

Investor di Eropa sedang menunggu keputusan terbaru dari ECB. Bank sentral Eropa diprediksi akan mempertahankan kebijakan dengan kemungkinan lebih banyak stimulus. Selain itu juga  Presiden ECB Mario Draghi diharapkan untuk mengomentari beberapa topik termasuk keadaan ekonomi Eropa, ketegangan perdagangan dan bank di kawasan euro.

Sentimen negatif global untuk kekacauan perdagangan belum menunjukkan tanda-tanda berkurang dalam waktu dekat. Pasalnya  pertemuan antara AS dan Meksiko gagal memberikan kemajuan positif sehingga tarif untuk impor Meksiko akan diberlakukan tanggal 10 Juni.

Kemudian terkait perang dagang AS-China, Presiden Trump sampaikan  kepada wartawan di bandara Irlandia Shannon bahwa tarif impor China dapat dinaikkan $300 miliar lagi jika perlu.

Sebagai informasi, perdagangan bursa Eropa hari sebelumnya sebagian besar lebih tinggi  bahkan ketika bank-bank Italia jatuh setelah Komisi Eropa mengancam langkah-langkah disipliner pada Italia atas meningkatnya utang publik negara itu. Indeks Pan  Eropa Stoxx 600 naik 0,4 persen. Indeks DAX Jerman dan FTSE 100  naik tipis 0,1 persen sementara indeks CAC 40 Prancis naik setengah persen.

 

Jul Allens/ Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting  
Editor: Asido Situmorang 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here